515 KK di Cipasang Dapat Air Bersih

Sumber:Pikiran Rakyat - 17 Desember 2008
Kategori:Air Minum

SUMEDANG, (PR).- Sebanyak 515 kepala keluarga (KK) warga Dusun Cipasang dan Dusun Kurnia di Desa Cipasang, Kec. Cibugel, Kab. Sumedang kini lebih mudah mendapatkan air bersih. Warga dua dusun di daerah perbukitan yang selama ini sulit memperoleh air bersih, baik di musim kemarau maupun hujan, kini mendapat pasokan air bersih dari mata air di Desa Tamansari, Kec. Cibugel melalui pipa dengan panjang sekitar 8 kilometer.

Projek air bersih tersebut diresmikan pemanfaatannya oleh Bupati Sumedang H. Don Murdono, Selasa (16/12). Camat Cibugel, Agus Wahidin, seusai acara itu kepada "PR" menyebutkan, pembuatan saluran air bersih bagi warga di dua dusun itu menghabiskan biaya Rp 212 juta. Sebagian besar dana itu berasal dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri.

Salah seorang warga Dusun Cipasang, Rasja (56), mengatakan, sebelumnya ia bersama warga lainnya harus berjalan ke sumber air yang berjarak beberapa kilometer untuk memperoleh air bersih. Banyak pula warga yang terpaksa membeli air untuk keperluan sehari-hari dengan harga yang cukup mahal.

Menurut Camat Cibugel, saat ini, air bersih itu baru disalurkan ke dua bak penampung inti di Dusun Cipasang dan Kurnia. Selanjutnya, akan dikembangkan hingga tersalur langsung ke rumah-rumah warga di kedua dusun itu.

"Pengembangan jaringan saluran air bersih dari dua bak penampung utama itu akan dilakukan secara bertahap. Untuk sementara, air dari dua bak penampung utama itu akan dialirkan dulu ke setiap RT. Berikutnya dipecah ke bak-bak penampung per lima umpi, hingga akhirnya dialirkan langsung ke setiap rumah warga," kata Agus. (A-91)



Post Date : 17 Desember 2008