Pekanbaru Butuh Tempat Pembuangan Sampah Baru

Sumber:pekanbaru.co - 8 Mei 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Produksi sampah warga Pekanbaru yang cukup besar membuat Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemko Pekanbaru harus memutar otak mencari lokasi lain sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Pasalnya, satu-satunya TPA yang kini berada di Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai sudah hampir penuh.

Berdasarkan informasi yang ditulis Antara, Dinas Kebersihan dan Pertamanan mengalami kendala dalam menyediakan lokasi baru ini. Selain besarnya anggaran yang dibutuhkan, konflik sosial dan lingkungan harus sebisa mungkin dihindari karena keberadaan TPA tersebut.

“Kendala yang dihadapi adalah menyangkut harga tanah mahal, dana terbatas, serta mencari lokasi yang cocok,” ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemkot Pekanbaru Syafril, Rabu (8/5) dilansir dariAntara.com.

Setidaknya, kata Syafril, untuk membuka TPA baru dibutuhkan setidaknya dana Rp 2,5 miliar. Dari kajian sementara, terdapat dua pilihan lokasi, yakni di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Tenayan Raya.

Pertimbangan lokasi harus dilakukan secara matang. Pasalnya, Pemerintah Kota Pekanbaru harus mampu menghindarkan kritikan di kemudian hari karena keberadaan TPA di dekat lokasi pemukiman.

“Biasanya masyarakat mengeluh akibat bau tidak sedap dari sampah. Makanya untuk menetapkan lokasi, diusahakan ada jarak yang cukup dari pemukiman penduduk,” imbuhnya.

 



Post Date : 10 Mei 2013