PDAM Sumbang PAD Rp5 Miliar

Sumber:korankaltim.com - 13 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Tahun 2012, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan patut berbangga hati. Bagaimana tidak, karena perusahaan ‘plat merah’ ini memperoleh predikat baik soal peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Instansi ini berhasil membukukan Rp5 miliar.

Catatan baik itu, diharapkan diimbangi pelayanan distribusi yang lancar kepada masyarakat. “Ini kabar menggembirakan dengan PAD yang cukup besar. Namun untuk diketahui, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan PDAM, khususnya seringnya mati air,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Patly Parakkasi, saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama PDAM Kota Balikpapan, Senin (13/5) di ruang rapat DPRD Kota Balikpapan.

Menurutnya, kondisi mati air di beberapa wilayah di Kota Minyak, disebabkan adanya kerusakan instalasi pipa. Sehingga pendistribusian air bersih ke pelanggan terhambat. Diperlukan perbaikan yang memakan waktu berhari-hari. “Keterangan dari pihak PDAM, hanya persoalan pasokan pipa baru sebagai pengganti pipa yang rusak masih dalam tahap pengiriman,” kata Patly Parakkasi.

Sebagai langkah antisipasi kelangkaan air bersih akibat kerusakan instalasi pipa, Patly sapaan akrabnya, mengimbau PDAM Kota Balikpapan untuk membuatkan sumur bor sebagai upaya alternatif air bersih. “Kita juga sedang mendorong percepatan difungsikannya Waduk Teritip. Kami juga memohon kepada masyarakat sekitarnya agar bersedia dibebaskan lahannya,” tambahnya.
Patly juga menuturkan, perlu ada peningkatan kinerja dan pelayanan terhadap kebutuhan air bersih kepada masyarakat. “Percuma ketika setiap tahun tarif air dinaikan 10 persen, tapi pelayanan kepada masyarakat minim,” tukasnya.



Post Date : 14 Mei 2013