5 Kelurahan Masih Tergenang

Sumber:Koran Sindo - 05 Februari 2008
Kategori:Banjir di Jakarta
SATUAN Koordinasi Pelaksana Penanganan Bencana (Satkorlak PB) Pemprov DKI Jakarta mencatat, hingga kemarin lima kelurahan di Jakarta masih tergenang air.

Kelurahan yang masih tergenang air adalah Semanan, Tegal Alur, dan Kalideres, Jakarta Barat, setinggi 1020 cm; Kelurahan Muara Baru, Jakarta Utara 2030 cm, dan Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Timur dengan ketinggian air mencapai 1020 cm. Petugas Satkorlak PB Pemprov DKI Jakarta Anom Nur Cahyo mengatakan, banjir dan genangan air di Jakarta secara umum sudah mulai surut.

Untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, genangan air sudah tidak ada,ujar Anom tadi malam. Sementara itu,Traffic Management Center Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat, hingga sore kemarin tujuh jalan di Jakarta sudah masih tergenangi air.

Genangan air paling banyak terjadi di wilayah Jakarta Utara, yakni di Jalan di Jalan Kapuk Raya depan Pom Bensin 20 cm; Teluk Gong Raya 10 cm; Perintis Kemerdekaan 15 cm; depan kantor Citra Marga Sunter 10 cm, dan Kamal Raya 50 cm.

Sisanya di Jalan Daan Mogot depan Satpas SIM setinggi 10 cm dan Ring Road Kembangan 10 cm. Sementara Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan nihil, kata Perwira Siaga TMC Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKP Sugeng Budiono.

Kepala Satuan Pelaksana Penanggulangan Banjir dan Pengungsi Pemkot Jakarta Barat Chaerudin menyebutkan, sebagian besar warga lebih memilih bertahan di pengungsian,seperti rel kereta api, kantor kelurahan, kecamatan, gedung sekolah, dan gelanggang olahraga.

Bagi warga yang rumahnya tidak lagi kebanjiran,saat ini mulai melakukan bersih-bersih, tandasnya. Lurah Rawa Buaya, Jakarta Barat Supriadi mengatakan, dari 13.000 warga, setidaknya 6.000 jiwa masih mengungsi di beberapa lokasi, seperti di pinggiran rel kereta api dan Jalan Cengkareng Drain.

Di Kecamatan Penjaringan dan Cilincing,Jakarta Utara, meski banjir sudah mulai surut, masih banyak warga yang memilih untuk bertahan di tenda pengungsian dengan membawa pakaian dan surat-surat berharga.

Kasudin Kesmas Jakarta Utara Paripurna Harimuda mengaku telah menerjunkan beberapa dokter, termasuk dokter dari puskesmas,untuk memberikan pengobatan gratis di semua lokasi penampungan. Bahkan, dia meminta kepada dokter puskesmas Kamal Muara untuk menginap di lokasi banjir. (sucipto/neneng z/m yamin)



Post Date : 05 Februari 2008