Coca-Cola Lanjutkan Program Air Bersih

Sumber:Republika - 13 Maret 2013
Kategori:Air Minum
Sekitar 1.500 rumah tangga di Kabupaten Karangasem, Bali, mendapatkan akses air bersih melalui program Water for Life dari PT Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI), bekerja sama dengan East Bali Poverty Project.

"Program Water for Life sesuai dengan ko mitmen dalam salah satu pilar corporate social responsibility (CSR) perusahaan,"kata Ruth Davina, juru bicara CCAI, di Denpasar, pekan lalu. Menurut dia, perusahaan berkomitmen mem bangun masyarakat secara berkelanjutan de ngan berbagai program yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian, meningkatkan kualitas hidup, dan menciptakan ber bagai kesempatan.

Selama hampir lima tahun, dengan menggunakan empat unit truk pengangkut air, pro dusen minuman ringan ini menyumbangkan 8.000 liter air bersih setiap hari ke kabupaten pa ling utara di Pulau Dewata itu. Kekurangan air bersih, menurut dia, dapat menimbulkan ber bagai macam masalah. Karena lokasinya yang berada di pegunungan dan sulitnya akses menu ju ke sana, masyarakat Bali timur sering kali mengalami kesulitan dalam memperoleh air bersih.

Bahkan, lanjut dia, saat musim kemarau tiba, air bersih menjadi barang langka. Masyara kat yang tinggal di lereng pegunungan di Ka bupaten Karangasem itu harus mengeluarkan uang antara Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu untuk membeli 5.000 liter air bersih guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. "Oleh karena itu, kami sangat senang bisa bekerja sama dengan East Bali Poverty Project (EBPP) untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di wilayah Bali timur," ka tanya.

Sementara itu, pendiri EBPP David Booth menjelaskan, organisasinya memfokuskan program pengembangan diri masyarakat di bidang per tanian, pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan infrastruktur di wilayah Bali timur. Pada saat EBPP berdiri tahun 1998, sekitar 40-60 persen anak-anak di Kabupaten Karangasem sakit karena kekurangan gizi dan buruknya sa nitasi. "Dengan memberikan air bersih, kami menya darkan masyarakat akan pentingnya mandi, mencuci tangan, dan minum air bersih," ujarnya.

Ia berharap, kerja sama dengan CCAI dapat berlanjut untuk meningkatkan kualitas hidup warga di tujuh desa di Kabupaten Karangasem.

Selain pengadaan air bersih, Coca-Cola dan produsen perlengkapan olahraga luar ruang Quiksilver didukung PT Garuda In donesia mengampanyekan program ke ber sihan dan perlindungan penyu Pantai Kuta, Bali, di Australia. "Tim dari Bali ini menyosialisasikan kemajuan program sekaligus meraih simpati masyarakat Austra lia dalam upaya mem bersihkan sampah di Pantai Kuta, mendukung lifeguard (pe tugas penyelamat pantai), dan menjamin kelangsungan hidup penyu,"kata Wanda Harahap, CCAI National Corporate Affairs Manager seperti dikutip Antara.

CCAI dan Quiksilver berkomitmen menginvestasikan waktu, keahlian, dan sumber da ya untuk membantu mengembangkan dan me lanjutkan program pelestarian lingkungan dengan menggunakan dana CSR perusahaan. Khoirul Azwar

Post Date : 13 Maret 2013