5.000 Pelanggan PDAM Dirugikan

Sumber:Koran Sindo - 09 Oktober 2008
Kategori:Air Minum

LAHAT (SINDO) – Sebanyak 5.000 pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lematang, Kabupaten Lahat, dirugikan akibat terhentinya pasokan air bersih ke rumah-rumah pelanggan beberapa hari terakhir ini. 

Kondisi ini menyusul rusaknya dua unit mesin pompa yang ada di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Lahat III. IPA Lahat III sendiri melayani distribusi air ke rumah-rumah warga yang meliputi rumah dinas Bupati, Perumahan Polisi Resor (Polres) Lahat, Perumnas, Bandar Jaya, Blok C, Jalan Kemala,Asrama Polres, Lembayung, dan Kompleks Komando Distrik Militer (Kodim) 0405 Lahat.

Salah seorang warga Lembayung Lahat, Harman, mengatakan, sudah sejak beberapa hari terakhir ini aliran air dari PDAM Tirta Lematang terhenti sehingga kebutuhan air bagi rumah tangga terpaksa harus dipenuhi dengan membeli dari mobil tangki milik PDAM. Direktur PDAM Tirta Lematang Saifudin Panani mengakui penyebab terhentinya aliran air ke pelanggan yang dilayaninya karena bearing dua mesin pompa utama berkekuatan 60 liter per detik mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Pihaknya,kata dia,sudah berupaya mencari pengganti bagian yang rusak tersebut dan rencananya kemarin sudah tiba dari Palembang untuk segera dipasangkan di mesin yang rusak. Di lain pihak,Wakil Ketua DPRD Lahat Ahmad Subardi menyarankan agar direksi PDAM Tirta Lematang mengajukan anggaran dana untuk memperbaiki mesin dan pipanisasi yang sudah berusia tua.

Hal itu dilakukan agar kebutuhan masyarakat yang menjadi pelanggan PDAM tidak kecewa akan kinerja pelayanan perusahaan tersebut. (adisulistyono)



Post Date : 09 Oktober 2008