Sembilan Jorong Dapat Program Pamsimas

Sumber:harianhaluan.com - 24 Januari 2014
Kategori:Air Minum

Sembilan jorong di Kabupaten Sijunjung mendapatkan program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) dari Kementrian Pekerjaan Umum RI.

“Ada sembilan jorong yang mendapatkan program Pamsimas dari Kementrian PU,” kata Kepala Seksi Pengembangan Penyehatan Lingkungan dan Air Bersih, Edwar Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sijunjung kepada Haluan di Muaro Sijunjung, Selasa kemarin.

Kesembilan jorong yang mendapat program pam­simas adalah Jorong Lubuk Labu atau Koto Baru Nagari Lubuk Tarantang, Simpang Tigo Sabiluru Nagari Tan­jung Labuh, Sungai Tam­pang Nagari Sisawah, Bukik Tujuh Nagari Solok Ambah.

Kemudian, Jorong Ta­kung Nagari Solok Ambah, Rumbai Nagari Sisawah, Sibolin Nagari Sisawah, Pisang Kolek Nagari Tara­tak Baru Utara dan Jorong Dusun Tinggi II Nagari Lubuk Tarantang.

Menurutnya, program Pamsimas di Kabupaten Sijunjung yang didanai APBN sesuai Surat Kepu­tusan Menteri PU, sebanyak tujuh jorong. Sementara dua lokasi lainnya, merupakan alokasi anggaran dari APBD Kabupaten.

Kedua jorong pelaksana program pamsimas yang dananya berasal dari APBD, yakni Jorong Pisang Kolek Nagari Taratak Baru Utara dan Jorong Dusun Tinggi II Nagari Lubuk Taran­tangan. ”Program Pamsimas di dua jorong ini merupakan dana anggaran APBD kabupaten,” jelasnya.

Ia mengatakan, setiap jorong mendapatkan dana sebesar Rp220 juta.­Disam­ping mendapatkan dana, jorong penerima program Pamsimas harus menye­diakan dana pendam­ping sebanyak 20 persen dari total dana yang diterima.

Rinciannya, dana In Cash (dana tunai) sebanyak 4 persen  dan In Kind (berbentuk material dan tenaga) sebanyak 16 per­sen.Tujuan dana pendam­ping tersebut, supaya masya­rakat merasa memiliki program tersebut.

Lebih lanjut dikatakan, pembangunan Sarana Penye­diaan Air Minum (SPAM) yang akan dilaksanakan di sembilan jorong itu berupa perpipaan, sumur gali dan bor Sementara jenis kegia­tan dalam bentuk perluasan SPAM, pengembangan dan optimalisasi SPAM.

“Sarana yang dibangun dalam program Pamsimas di sembilan jorong itu, bisa berupa perluasan SPAM, pengembangan dan opri­malisasi SPAM,” jelasnya.

 



Post Date : 24 Januari 2014