Pamsimas II Rp4 Miliar

Sumber:antaranews.com - 24 Agustus 2013
Kategori:Sanitasi

 Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengalokasikan dana APBD 2013 untuk program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) II sebesar Rp4 miliar.

Kepala Dinas Cipta Karya, Permukiman dan Perumahan Kabupaten Kotabaru H. Akhmad Rivai mengemukakan di Kotabaru, Minggu, program Pamsimas II merupakan kelanjutan dari Pamsimas I yang mencakup empat kegiatan yakni reguler, hibah insentif desa (HID), pendampingan dan replikasi desa.

Rivai menjelaskan bahwa penyediaan air minum dan sanitasi dialokasikan sebesar Rp2,2 miliar untuk 10 desa sasaran. Dana hibah insentif desa (HID) dialokasikan dana sebesar Rp440 juta untuk tida desa sasaran.

Dia mengemukakan Pamsimas II Kotabaru yang masuk APBD 2013 dialokasikan sebesar Rp1,4 miliar.

Dana tersebut dipergunakan untuk desa pendamping sebesar Rp550 juta yang akan dibagi untuk desa sasaran, dan untuk replikasi desa sebesar Rp880 juta untuk empat desa sasaran.

Lokasi desa sasaran reguler yaitu Desa Sumber Sari dan Desa Subur Makmur Kecamatan Pulau Laut Barat), serta Desa Sungai Kupang dan Desa Bangkalaan Melayu Kecamatan Kelumpang Hulu.

Desa Pondok Labu Kecamatan Pamukan Selatan, dan Desa Sukamaju dan Desa Banjarsari Kecamatan Sampanahan, dan Desa Gosong Panjang serta Desa Kampung Baru Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, serta Desa Tanjung Serudung Kecamatan Pulau Laut Selatan.

Sedangkan untuk lokasi Desa Sasaran HID yaitu Desa Tanjung Seloka, Desa Sungai Bulan dan Desa Labuan Mas Kecamatan Pulau Laut Selatan.

Lokasi desa sasaran pendamping meliputi, Desa Sekandis dan Desa Gunung Calang Kecamatan Pamukan Selatan, serta Desa Tanjung Kunyit Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar.

Sementarauntuk lokasi desa sasaran replikasi yaitu, Desa Sungai Pasir Kecamatan Pulau Laut Tengah, dan Desa Kerayaan Utara Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, serta Desa Mandala Kecamatan Kelumpang Hilir, juga Desa Lalapin Kecamatan Hampang.



Post Date : 26 Agustus 2013