Libatkan Masyarakat Selamatkan Air

Sumber:Suara Merdeka - 28 Juni 2013
Kategori:Air Minum
BLORA- Masyarakat Desa Soko, Kecamatan Jepon, Blora dilibatkan dalam Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA). Tak hanya sekadar berpartisipasi, warga desa terlibat aktif antara lain dalam penyusunan Rencana Konservasi Tanah dan Air di Desa (RKTD). Hal itu beralasan. Pasalnya warga desa lah yang tahu persis kondisi tempat mereka bermukim selama ini.

''Rabu (26/6-Red) kami melakukan survei lokasi sesuai bidang masingmasing. Hasilnya kami susun dalam RKTD. RKTD itu kemudian kami paparkan dalam workshoppenyusunan dokumen RKTD bersama SKPD terkait,'' ujar Samingun, ketua Kelompok Konservasi Tanah dan Air (KKTA) Soko Wono Tirto, Desa Soko, Kecamatan Jepon, kemarin.

Workshop digelar di ruang pertemuan Hotel Kencana Blora. Kegiatan tersebut dilaksanakan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana Jawa Tengah. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora, Samgautama Karnajaya diwakili Kepala Bidang Infrastruktur dan Prasarana, Supoyo, membuka acara tersebut.

Desa Soko berada di perbukitan di Kecamatan Jepon. Di desa tersebut terdapat banyak sumber air, beberapa di antaranya menjadi pemasok air baku waduk terbesar di Blora, Waduk Tempuran. Sumber air tersebut terancam berkurang seiring adanya penambangan di desa tersebut.

''Karena itulah warga Desa Soko dilibatkan dalam GNKPA,'' tandas Kepala BBWS Pemali Juwana Jawa Tengah melalui Kepala Seksi Pelaksanaan Operasi dan Pemeliharaan, Suroto. Untuk mengimplementasikan peraturan itu, dibentuklah sebuah gerakan bersama yang bernama Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA). Gerakan tersebut secara resmi terbentuk pada 28 April 2005 saat Presiden SBYmenandatangani naskah deklarasinya.

Rumanto, salah seorang pengurus KKTASoko Wono Tirto, Desa Soko, dalam sajian RKTD di acara mengungkapkan, Desa Soko sudah dipersiapkan sebagai lokasi bersama untuk pelaksanaan GNKPAsejak 2010. Penyusunan RKTD oleh kelompok masyarakat Desa Soko dibagi beberapa bidang. Di antaranya bidang lingkungan, ekonomi, sosial. RKTD yang disusun tersebut dipertajam oleh SKPD dalam acara tersebut. Dalam kesempatan itu dilakukan pula penandatanganan kesepakatan menyukseskan GNKPAdi Blora. (H18-42,49)

Post Date : 28 Juni 2013