Ceko Berminat Investasi Listrik Hidro, Pengolahan Sampah dan Air Minum

Sumber:dnaberita.com - 25 April 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Republik Ceko berminat melakukan kerjasama dengan Sumatera Utara dalam hal pengelolaan lingkungan hidup. Investasi terutama fokus pada manajemen persampahan, pengolahan air minum dan pembangkit listrik hidro.

Demikian diungkapkan Duta Besar Republik Ceko YM Tomas Smetanka saat diterima Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho di Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Kamis (25/4/2013). Hadir dalam kesempatan itu Asisten Bidang Pemerintahan Hasban Ritonga, Kadis Komunikasi dan Informarsi, Jumsadi Damanik, Kadis Pendidikan M Zein, Kepala Badan Kesbangpolinmas Eddy Sofyan dan Kepala Biro Umum Jimmy P Pasaribu serta Wakil Ketua Bidang Luar Negeri Kadin Sumut Sjahrian Harahap.

 

Kepada Gubsu, Dubes Ceko menerangkan maksud tujuan kehadirannya adalah untuk mempersiapkan kunjungan kerja Delegasi Republik Ceko ke Sumut yang akan dipimpin oleh Menteri Lingkungan Hidup.
“Kami datang untuk mempersiapkan kunjungan delegasi Ceko yang dipimpin Menteri Lingkungan yang akan datang bulan depan. Turut mendampingi beberapa organisasi peduli lingkungan, para pakar lingkungan, asosiasi industry  dan pengusaha  khususnya di bidang manajemen sampah, pengolahan air minum dan teknologi pembangkit listrik tenaga air. Kedatangan hari ini juga perkenalan diri kepada pak gubernur ,” ujar Tomas.

 

Dalam kesempatan kunjungan kerja tersebut, jelas Dubes, pihaknya akan ikut membawa anggota delegasi sekitar 30-50  yang akan tiba di Medan pada tanggal 12 Mei 2013.  Kunjungan delegasi akan diisi dengan kegiatan forum bisnis bersama para pengusaha Sumut pada keesokan harinya, 13 Mei 2013. “Kami ingin bertemu dan bicara dengan pengusaha yang ingin tindaklanjuti dalam bentuk kerjasama teknologi atau investasi. Misalnya pengelolaan sampah dan water treatment  atau teknologi mengelola air langsung diminum dengan efisiensi teknologi sehingga menjadi lebih murah,” beber Dubes.

Tomas juga menjelaskan bahwa kehadiran delegasi Ceko di Sumut bulan depan merupakan tindak lanjut kerjasama ke dua Negara yang ditandatangani oleh Presiden Ceko dan Presiden RI di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Gubsu mengucapkan banyak terimkasih  atas kunjungan dan rencana yang akan dilaksanakan mendatang. Dia mengharapkan kunjungan delegasi dari Ceko dapat membuahkan realisasi kerjasama antara Ceko dengan Sumut pada masa yang akan datang. Gubsu juga berkesempatan mengajak delegasi Ceko mengunjungi Danau Toba

Dalam kesempatan itu Dubes juga menjelaskan seputar negara di Eropa Tengah yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia ini. Negara yang berbatasan dengan Jerman di sebelah barat dan utara, dengan Polandia di sebelah utara, dengan Slowakia di sebelah tenggara dan dengan Austria di sebelah selatan unggul pada pengembangan kimia dan nano teknologi serta salah satu warganya berhasil mendapatkan hadiah nobel.



Post Date : 26 April 2013