Pedesaan Belum Tersentuh Air Bersih

Sumber:krjogja.com - 27 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Sekitar 65 persen daerah pedesaan di Kabupaten Sragen belum tersentuh pelayanan air bersih. Bahkan, 4 kecamatan masing-masing Jenar, Tangen, Miri, dan Gesi masih menjadi langganan krisis air setiap musim kemarau tiba. 

Belum meratanya jangkauan pelayanan air bersih itu membuat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Nagoro, Sragen, bertekad memperluas jaringan pelanggan hingga pedesaan. Salah satu program menambah pelanggan adalah dengan memberikan potongan harga bagi pelanggan baru yang mendaftar bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Sragen ke-267.

Dirut PDAM Sragen, Joko Suprapto kepada wartawan mengatakan, program baru ini diharapkan bisa meraih 6.500 sambungan baru. Penambahan pelanggan itu akan diimbangi dengan pembuatan jaringan baru di wilayah Sragen Utara. "Saat ini pelanggan PDAM di pedesaan baru sekitar 35 persen. Empat kecamatan bahkan belum terjangkau air bersih," ujarnya, Senin (27/05/2013). 

Menurut Joko, belum tersentuhnya sebagian besar warga di pedesaan ini membuat pihaknya tertantang untuk meningkatkan pelayanan. Hingga tahun 2013 ini, ditargetkan cakupan pelanggan pedesaan bisa bertambah. "Dengan potongan harga untuk pemasangan baru ini mudah-mudahan bisa menarik minta warga pedesaan menjadi pelanggan PDAM," jelasnya. 

Dijelaskan Joko, potongan harga ini merupakan bentuk pemberian subsidi realisasi bantuan program pusat sebanyak 2000 sambungan rumah (SR) dan program Program IKK 4300 pelanggan baru, dan reguler sekitar 1500 SR. "Sehingga untuk tahun 2013 ini kami menargetkan adanya 6500-7000 SR. Total pelanggan PDAM Sragen kami targetkan mencapai 51.100 SR," tandasnya.



Post Date : 28 Mei 2013