Sumur Bantuan Presiden Atasi Krisis Air

Sumber:krjogja.com - 25 Februari 2014
Kategori:Air Minum
Masyarkat dua Pedukuhan di Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh yang selama ini selalu mengalami krisis air bersih terutama pada musim kemarau merasa lega. Di wilayah mereka kini telah dibangun sumur bor bantuan presiden.

"Kami sangat bersyukur, sumur bur yang selama ini kami dambakan telah jadi kenyataan. Dengan adanya sumur bor bantuan presiden maka 121 kepala keluarga (KK) di Pedukuhan Gebang dan Pedukuhan Sebo tidak lagi mengalami kesulitan air bersih," kata Dukuh Sebo Sunardi pada peresmian sumur bor, Selasa (25/02/2014).

Sebelum ada sumur bur, warga Gebang dan Sebo terpaksa ‘ngangsu’ alias mengambil air untuk memenuhi kebutuhan air bersih baik untuk mandi, masak dan mencuci dari Sungai Tinalah dan sumber mata air Tulangan di Pedukuhan Ngargosari hingga berkilo-kilometer. Sumur bor ini diperuntukkan bagi masyarakat umum, sehingga warga dari luar dua pedukuhan tersebut boleh mengambil airnya.

Dandim Kulonprogo berharap dengan dibangunnya sumur bor oleh anggota Koramil setempat bersama masyarakat maka kesulitan warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih bisa teratasi. Dandim mengimbau agar keberadaan sumur bur tersebut hendaknya betul-betul dijaga dan dirawat, sehingga pasokan air bersih selalu bisa terpenuhi.

Post Date : 26 Februari 2014