AusAID Tambah Sambungan Air Bersih untuk Warga Miskin

Sumber:antaranews.com - 18 April 2013
Kategori:Air Minum
 Perusahaan Daerah Air Minum Boyolali pada 2013 mendapat tambahan bantuan program air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 1.650 sambungan rumah (SR) melalui "Australian Agency For Internasional Develovment".

Pada tahap pertama, PDAM Boyolali menerima dana hibah dari Australian Agency For Internasional Develovment (AusAID) tersebut untuk 600 sambungan rumah yang disalurkan Januari hingga April, dan kini mengajukan 1.500 SR lagi, tetapi justru ditambah menjadi 1.650 SR, kata Direktur Umum PDAM Boyolali Kukuh Hadiatmo, Kamis.

Menurut Kukuh Hadiatmo, tambahan Program MBR dana hibah dari AusaAID tersebut akan dilaksanakan tahap kedua pada bulan Mei.

"Kami sebenarnya pada tahap kedua hanya mengajukan 1.500 SR, tetapi Boyolali oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, disetujui dengan tambahan 1.650 SR. Sehingga, Boyolali tahun ini, mendapatkan dana hibah program itu, totalnya sebanyak 2.250 SR," katanya.

Ia menjelaskan pelaksanaan bantuan program air bersih bagai masyarakat penghasilan rendah tersebut pada tahan pertama sudah terealisasi sebanyak 572 RS dari 600 RS yang tersedia.

Menurut dia, program pada tahap pertama tersebut dilaksanakan di sejumlah kecamatan di Boyolali, antara lain Teras, Sawit, Banyudono, Ngemplak, Juwangi, dan kawasan kota. 

"Rencana pelaksanaan bantuan air bersih tahap kedua disalurkan juga menyebar di 19 kecamatan di kabupaten ini," katanya.

Jumlah pelanggan air bersih di Boyolali hingga saat ini, kata dia, mencapai sekitar 30 ribu RS. PDAM setempat menargetkan sebanyak 33 ribu pelanggan pada 2013.

Post Date : 19 April 2013