Warga Purwosari Kesulitan Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 23 September 2013
Kategori:Air Minum
KULONPROGO - Kesulitan air bersih melanda wilayah Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Setidaknya 460 ke­pala keluarga (KK) di desa yang terletak di lereng Pegunungan Menoreh ini mengalami kesulitan air bersih sejak dua bulan terakhir ini.

Kondisi paling parah terjadi di Pedukuhan Nogosari. Menurut Kepala Dukuh Nogosari, Kamidi, di Desa Purwosari setidaknya ada 460 KK yang mengalami kesulitan air bersih. Adapun di Pedukuhan Nogosari sendiri warga yang kesulitan air sekitar 150 keluarga. Kondisi ini sudah terjadi sejak masuk musim kemarau Juli lalu.

’’Bak penampungan air dan sumur sudah benar-benar kering. Untuk keperluan air bagi warga akhirnya kami mengajukan bantuan air bersih ke Tagana (Taruna Siaga Bencana) Kulonprogo,’’ katanya, Sabtu (21/9)

Salah satu warga, Ramidah (60) mengungkapkan, untuk mencukupi kebutuhan air, dirinya dan warga lain harus mengambil dari sumur yang masih ada airnya meski harus menempuh jarak yang jauh. Per­sediaan air di sumur yang masih tersisa itu pun sangat terbatas sehingga setiap orang hanya kebagian jatah satu jerigen.

“Ambilnya jauh, perjalanan setengah jam. Karena banyak warga yang butuh air ya cuma bisa ambil sedikit-sedikit, satu jerigen saja. Sebenarnya kurang, satu jerigen hanya untuk minum dan masak sehari saja. Kalau cuci seminggu sekali,” ungkapnya.

Droping

Menanggapi permintaan bantuan air bersih tersebut, Tagana Kulonprogo kemudian melakukan pengiriman air bersih, Sabtu (21/9). Ketua Tagana Kulonprogo, Rahmat Hariyadi mengatakan, untuk me­menuhi kebutuhan warga di wila­yah Purwosari, pihaknya melaku­kan droping dengan mobil tangki enam kali bolak-balik.

’’Setiap kali droping hanya bisa mencukupi kebutuhan air untuk dua hari. Jadi kami upayakan akan droping lagi sambil berkoordinasi dengan BPBD (Badan Pe­nanggulangan Bencana Daerah) Kulonprogo. Kami ambil airnya dari Tuk Mudal di Nanggulan,’’ ka­tanya.

Selain di Purwosari, Girimulyo, imbuh Rahmat, Tagana juga mendapat permintaan pengiriman bantuan air bersih untuk wilayah Sami­galuh, Kalibawang, dan Ko­kap. Rencananya droping air untuk wila­yah-wilayah itu akan dilakukan pe­kan ini. (H87-45,88)

Post Date : 23 September 2013