Ribuan Rumah Tergenang

Sumber:Kompas - 18 Juni 2013
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Pasuruan, Kompas - Sekitar 3.000 rumah di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin (17/6), tergenang air setinggi 20-120 sentimeter. Banjir akibat hujan deras menyebabkan Sungai Kedung Larangan di Bangil meluap.

Banjir terjadi Minggu (16/6) sekitar pukul 23.30 di enam desa di Kecamatan Bangil. Enam desa yang terdampak banjir tersebut adalah Kelurahan Kalinyar dengan jumlah korban mencapai 1.346 keluarga, Kelurahan Kalirejo (445 keluarga), Desa Tambakan (625 keluarga), Desa Manaruwi (250 keluarga), Desa Masangan (285 keluarga), dan Kelurahan Latek (125 keluarga).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan bahkan mengevakuasi 4 orang sakit dari dalam rumah yang tergenang.

”Berhubung rumahnya terendam dan untuk menjamin kelangsungan pengobatan, mereka dipindah ke pos kesehatan atau oleh keluarganya dirujuk ke rumah sakit,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko, Senin.

Saat ini, BPBD beserta aparat dan relawan mulai membagikan makanan siap saji kepada korban banjir. Upaya lain untuk mengantisipasi dampak banjir lebih besar lagi, dapur umum dan pos kesehatan dibuka.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso Malang Rahmatullah Adji mengatakan, saat ini tengah terjadi anomali atau penyimpangan cuaca. Seharusnya sudah memasuki musim kemarau, tetapi realitasnya kemarau masih basah dengan curah hujan tinggi.

Angin dengan kecepatan ekstrem yang disertai hujan lebat melanda wilayah Kota Tegal dan sebagian Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu tengah malam. (DIA/WIE)

Post Date : 18 Juni 2013