42 Desa di Cilacap Kesulitan Air

Sumber:Suara Pembaruan - 26 Mei 2008
Kategori:Air Minum

[CILACAP] Sedikitnya 42 desa di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mulai kesulitan air bersih, walaupun musim kemarau baru saja memasuki tahap awal. Warga Desa Panikel, Kecamatan Kampunglaut dan Desa Binangun, Kecamatan Bantarsari sudah mulai kesulitan air bersih dan mengajukan permohonan pengiriman air bersih.

"Warga empat desa di Kecamatan Kampunglaut yang wilayahnya dikelilingi perairan Segara Anakan dan berair payau juga sudah kesulitan air bersih," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Cilacap, Sumaryo, di Cilacap, pekan lalu.

Untuk memenuhi permintaan warga yang kesulitan air, pemkab telah mengirimkan air masing-masing dua tangki per desa. Kekeringan dan kesulitan air bersih pada musim kemarau di Cilacap merupakan fenomena rutin di daerah yang rawan kekeringan.

Pada musim kemarau sampai puncaknya nanti sekitar bulan Agustus, biasanya jumlah desa yang kekeringan meningkat lagi sampai tiga kali lipat atau sekitar 120 desa yang tersebar di 10 kecamatan seperti Sidareja, Kedungreja, Karangpucung, Kawunganten, Gandrungmangu, Kampunglaut, Bantarsari, Wanareja, Jeruklegi, Patimuan, Cilacap Utara. Kecamatan ini, selain rawan kekeringan juga rawan banjir.

"Warga di 120 desa tadi, memang selalu menderita. Karena selalu kekeringan pada musim kemarau dan kebanjiran pada musim hujan," tambahnya. [WMO/M-11]



Post Date : 26 Mei 2008