400 Rumah Tangga Nikmati Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 27 November 2012
Kategori:Air Minum
PANGKALAN BALAI – Setelah menunggu selama empat tahun, booster PDAM Tirta Betuah di Kecamatan Betung beroperasi.Tahun ini sebanyak 400 rumah tangga sasaran (RTS) sudah dapat menikmati fasilitas air bersih. 
 
Peresmian booster PDAM kemarin dilakukan langsung Bupati Banyuasin Amiruddin Inoed. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Banyuasin Abi Hasan mengatakan, perbaikan distribusi PDAM di Kecamatan Betung merupakan salah satu program optimalisasi air bersih oleh Pemkab Banyuasin tahun ini. 
 
Dengan anggaran Rp1,4 miliar, masyarakat di zona I dari lokasi boostersudah dapat menikmati air bersih. “Target Pemkab akan menyelesaikan (distribusi) hingga masyarakat pada zona 5. Namun, anggaran optimalisasi masih kurang dan masih harus memperbaiki lokasi booster lainnya,” ujar Abi Hasan kemarin. 
 
Bupati Banyuasin Amiruddin Inoed mengatakan, proses pembangunan booster PDAM di Betung telah dilakukan sejak 2008. Pihaknya menyiapkan Rp28 miliar untuk membangun instalasi yang representatif dalam pengolahan dan pendistribusian air bersih bagi masyarakat Betung. Namun, dalam perjalanannya ditemukan proses pengerjaan yang tidak tepat. Karenaitu, anggaran Rp28 miliar menggunakan anggaran tahun jamak tidak dilanjutkan. 
 
“Saat itu Pemkab hanya membayar Rp8 miliar pada rekanan,”katanya. Menurut Amiruddin, atas desakan dan memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, Pemkab Banyuasin kembali menganggarkan biaya optimalisasi beberapa PDAM di Banyuasin. tazmalinda


Post Date : 27 November 2012