Warga di Kaki Gunung Rokatenda Disuplai Air Bersih

Sumber:metrotvnews.com - 25 Agustus 2013
Kategori:Air Minum

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai mengirim air bersih untuk ribuan warga yang masih bertahan di kaki Gunung Rokatenda di Pulau Palue.

Sekitar 6.000 warga yang bermukim di kaki gunung itu menolak dievakuasi pascaletusan pada 10 Agustus lalu. Mereka adalah warga Dusun Awa, Ugo, Oka Cere di Desa Nitungle; Dusun Poa dan Cawalu di Desa Rokirole; Dusun Lei dan Nara di Desa Tuanggeo; serta warga Dusun Wolondopo dan Kampung Ona di Desa Kesokoja.

"Untuk warga di kaki gunung diberi bantuan air kemasan, sedangkan warga dari desa-desa di pesisir mengambil sendiri air bersih yang disiapkan di bak penampungan di kantor camat," kata Sekretaris Kecamatan Palue Marten Luther Adjie saat dihubungi, Minggu (25/8).

Ia mengatakan air bersih yang disiapkan di kantor camat ditampung dalam lima bak. Empat bak penampung berukuran 1.100 liter dan satu bak berkapasitas 11.000 liter. 

"Warga yang mengambil air minum di situ berasal dari Desa Maluriwua dan Reruwairere, karena hanya berjarak sekitar satu kilometer," katanya.

Adapun jarak kantor kecamatan ke kaki Gunung Rokatenda sekitar 10 kilometer, sehingga warga di sana tidak mungkin datang untuk mengambil air di kantor camat karena harus melewati beberapa tanjakan dengan kondisi jalan yang memprihatinkan. 

Adapun bantuan bahan makanan sudah dikirim kepada ribuan warga tersebut antara lain beras, mi instan, kopi, gula, dan teh. Ia mengatakan bantuan makanan berasal dari berbagai pihak seperti BUMN, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat. 

"Saat ini warga tidak mengalami kekurangan makanan lagi," katanya. Kendati telah menerima bantuan, pemerintah daerah masih terus membujuk ribuan warga itu agar bersedia dievakuasi ke Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka di Pulau Flores.

 



Post Date : 26 Agustus 2013