35 Persen Pipa PDAM Bocor

Sumber:Indopos - 29 Mei 2007
Kategori:Air Minum
BATU - Pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Batu sudah banyak yang rusak. Akibatnya, aliran air banyak yang bocor, sehingga mengganggu pelayanan terhadap pelanggan.

Kepala PDAM Kota Batu Zainul Arifin mengatakan, kebanyakan saat ini pipa yang ada merupakan peninggalan zaman Belanda. Karena sudah terlalu lama, pipa-pipa tersebut banyak yang berkarat dan bocor. "Kebocoran akibat kerusakan pipa iu cukup besar, sekitar 35 persen," ujarnya.

Untuk membenahi kebocoran ini, PDAM akan memperbaikai pipa-pipa yang bocor tersebut setelah mendapat kucuran dana dari pemprov sebesar Rp 1,2 miliar. Dana tersebut juga digunakan untuk membanguan jalur pipa baru mulai dari sungai Brantas - Jl Bromo - Kel Sisir - Jl Agus Salim hingga Pasar Batu yang jaraknya sekitar 3 km. "Untuk jalur pipa baru ini kami menggunakan pipa 6 dim," terangnya.

Dengan tambahan jalur pipa ini, dia berharap semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati layanan PDAM.

Meski sudah menerima kucuran Rp 1,2 miliar, rencananya PDAM Kota Batu juga masih akan mengajukan dana lagi sekitar Rp 1,3 miliar untuk program pipanisasi di sumber air Banyuning ke Ngesong dari titik air yang belum dimanfaatkan. Kata pejabat yang akrab disapa Jinung ini, masih ada titik air dengan debit antara 25-30 liter/detik yang belum dimanfaatkan. Dana itu juga untuk membangun tendon baru dengan volume 150 m3 di Dusun Ngesong. Selain itu juga untuk pergantian meter di kota sampai desa untuk 2 ribu sambungan baru.

Jinung berjanji, saat ini PDAM sedang gencar memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Untuk itu berbagai kemudahan dan kenyamanan diterapkan dalam pembayaran tagihan PDAM. "Rencananya tiap Sabtu-Minggu akan ada mobil keliling, masyarakat bisa membayar di situ," jelasnya. (lid)



Post Date : 29 Mei 2007