Purwakarta Bakal Daur Ulang Sampah Jadi Listrik

Sumber:inilah.com - 12 Juni 2013
Kategori:Air Minum

Pemkab Purwakarta berencana menata ulang pengelolaan sampah di TPA Cikolotok, yang terletak di Desa Margasari Kecamatan Pasawahan. Nantinya, pemerintah setempat akan bekerja sama dengan perusahaan di India untuk mendaur ulang sampah menjadi listrik.

Meski baru rencana, sepertinya program tersebut belum bisa direalisasikan. Mengingat, masih terganjal ketersediaan sampah di Purwakarta.

Menurut Wakil Bupati Purwakarta, Dadan Koswara, rencana kerja sama ini bisa saja terjadi dalam waktu beberapa tahun ke depan. Akan tetapi, yang menjadi persoalannya, yakni jumlah sampah di Purwakarta belum mencukupi untuk membangun sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS) berdaya tinggi.

“Untuk membuat sebuah nota kesepahamannya saja masih kesulitan karena di TPA Cikolotok setiap hari harus terkumpul sampai 500 ton. Namun, sekarang baru bisa sekitar 90 ton,” kata Dadan kepada wartawan, Rabu (12/6).

Tapi, terang Dadan, rencana tersebut bisa saja terealisasi jika seluruh masyarakat dan Pemkab dapat bekerja dengan maksimal. Salah satunya, bisa dilihat dari pengelolaan pembuangan sampah rumah tangga yang masih sembarangan ke sejumlah tempat. Padahal pemerintah melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) sudah siap untuk mengambil sampah di depan rumah penduduk atau perumahan.

“Tinggal kesadaran masyarakat saja. Di mana dalam membuang sampah, harus sama yaitu di tempat yang sudah disediakan. Kemudian, DKP tinggal mengambil sampah tersebut untuk kemudian dibuang ke TPA Cikolotok. Jika terkumpul, sampah ini bisa dikelola menjadi listrik,” katanya.



Post Date : 13 Juni 2013