32 Rumah Terendam Luapan Ciharashas

Sumber:Koran Sindo - 19 Maret 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

CIANJUR (SINDO) – Sebanyak 32 rumah di Kampung Ciharashas,RT 02 dan 05 RW 07, Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku,Kabupaten Cianjur, terendam air selama 8 jam, akibat aliran Sungai Ciharashas meluap,Senin (17/3) mulai pukul 17.00 WIB.

Sungai tersebut meluap setelah kawasan Cianjur khususnya daerah Cipanas dihuyur hujan deras disertai angin kencang. Akibatnya, air hujan yang datang dari Capanas mengalir langsung ke Cianjur yang lokasinya lebih rendah.

Badrul Ulum,37,warga korban luapan suangi, mengatakan, air sungai tersebut datang tiba-tiba dan langsung meluap ke rumah warga.Namun, beruntung, warga yang masih beraktifitas langsung berhamburan ke luar rumah, dan menyelematkan diri masing-masing.

”Saat datang air tersebut, warga langsung berhamburan ke luar, dan menyelamatkan diri masing-masing.Ada yang membawa anak-anaknya,dan ada juga yang membawa barang- barangnya,” ujar Ulum kepada SINDO,kemarin. Meluapnya air dari Sungai Ciharashas, kaya dia, bukan yang pertama kalinya.

Sebelumnya, Sungai Ciharashas pernah meluap pada 2005. Namun, meluapnya air kali ini, dikatakannya cukup besar. ” Luapan air ini yang keduakalinya, yang pertama pada 2005. Namun pada tahun lalu tidak sebesar kali ini,”kata Ulum yang mengaku sempat mengungsi beberapa jam karena air yang mengenai rumahnya mencapai satu meter.

Menyikapi terjadinya bencana tersebut, para anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Cianjur langsung mengevakuasi 32 KK yang rumahnya terkena luapan air. Dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. (ricky susan)



Post Date : 19 Maret 2008