Pemkab Gunung Kidul miliki "PR" air bersih

Sumber:antaranews.com - 27 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari jadinya ke-182 tahun masih memiliki "pekerjaan rumah", yaitu menyediakan air bersih kepada ratusan ribu jiwa penduduk setempat.

Bupati Gunung Kidul Hj Badingah dalam sambutannya pada upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunung Kidul ke-182 yang berlangsung di Alun-alun kabupaten itu, Senin, mengatakan perkerjaan rumah (PR) yang masih belum terpecahkan yakni menyediakan kebutuhan air bersih kepada masyarakat saat musim kemarau.

Selain itu, katanya permasalahan air bersih masih menjadi kendala, dan pemerintah daerah akan segera mengatasi permasalahan yang setiap musim kemarau dihadapi bagi sebagian masyarakat Gunung Kidul.

"Tetapi kami terus berupaya mengatasi. Sekarang ini baru ada 371.672 jiwa warga yang sudah dilayani air bersih oleh PDAM. Jumlah ini akan terus kami tingkatkan hingga 500.000 pelanggan,"kata dia.

Pada bagian lain, ia mengatakan bahwa pariwisata masih menjadi ujung tombak pendapatan asli daerah (PAD) Gunung Kidul. 

"Pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul sangat beragam, sehingga ke depan akan meningkatkan pelayanan wisatawan,"kata dia.

Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX saat membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengingatkan pembangunan di Gunung Kidul, agar tidak semata-mata hanya bertumpu pada pembangunan daratan saja. 

"Potensi kelautan di Gunung Kidul masih menjadi potensi utama yang sangat besar," kata Paku Alam.

Dalam upacara peringatan tersebut seluruh pegawai pemkab menggunakan busana adat Jawa lengkap.

Peringatan tersebut mengusung tema "Dengan Hari Jadi 182 Kabupaten Gunung Kidul, Kita Tingkatkan Semangat Kebersamaan Dalam Menyejahterakan Masyarakat".

Pada upacara itu tiga buah pusaka milik Gunung Kidul pemberian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, berupa Songsong Agung Kiai Robyong dan dua tombak Kiai Panjolo Panjul dan Kiai Margo Salurung yang selama ini tersimpan di gedung pusaka, dikirab keliling Kota Wonosari, yang diikuti semua peserta upacara hingga petang hari.



Post Date : 28 Mei 2013