3 R Solusi Kurangi Sampah

Sumber:Kompas - 20 Juli 2009
Kategori:Sampah Luar Jakarta

DENPASAR, KOMPAS.com - Sebagai upaya untuk menyelamatkan lingkungan dari timbunan sampah dan limbah, dapat dilakukan dengan melaksanakan konsep 3R secara konsisten dan berkesinambungan.

"Konsep 3-R tersebut yakni mengurangi (Reduse), memanfaatkan kembali dan daur ulang (recycling) terhadap sisa-sisa yang tidak berguna, kata dosen Fakultas MIPA Universutas Udayana, Dr Ketut Dharma Putra di Denpasar, Senin (20/7).

Ia mengingatkan, semua pihak hendaknya menerapkan konsep 3R secara konsisten dan berkelanjutan sebagai upaya menyelamatkan lingkungan dan terpeliharanya kelestarian lingkungan.

Untuk itu masyarakat perlu didorong untuk mengurangi pemanfaatan sumber daya dalam melaksanakan berbagai aktivitas pada kehidupan sehari-hari. Selain itu memanfaatkan kembali sisa-sisa yang tidak berguna
menjadi benda yang bermanfaat.

"Masyarakat perlu dilibatkan secara langsung dalam melakukan upaya mengurangi, memanfaatkan kembali serta melakukan daur ulang terhadap barang-barang yang telah dimanfaatkan," tambahnya.

Ia mengingatkan, upaya tersebut dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, menarik dan konsisten. Untuk itu program sosialisasi mendapat perhatian serius secara khusus sebagai upaya merangkul masyarakat.

"Dalam memerdayaan masyarakat, sangat diperlukan keterlibatan tokoh masyarakat dan intelektual, sekaligus mendukung terlaksananya konsep tersebut dengan baik," harap Darma Putra. LASTI KURNIA



Post Date : 20 Juli 2009