3 Provinsi di Sumatra Diterjang Banjir

Sumber:Pikiran Rakyat - 24 Desember 2006
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
MEDAN, (PR).-Banjir melanda tiga provinsi di Sumatra yakni Sumatra Utara, Aceh, dan Riau. Hingga Sabtu (23/12), jumlah korban tewas tercatat dua orang dalam musibah banjir di Kabupaten Langkat Sumatera Utara, sedangkan 12 lainnya dilaporkan hilang.

"Korban hilang masih dalam pencarian," kata Danrem 022 Pantai Timur Kodam I Bukit Barisan Kolonel Infantri Ilyas di Langkat, Sabtu (23/12).

Dua korban tewas adalah Elvin (2,5), warga Desa Seimati, Kecamatan Besitang, dan seorang lagi tanpa identitas yang diperkirakan berusia 35 tahun, diduga warga Desa Arasnatal, Kecamatan Besitang. Kedua korban tewas adalah perempuan.

Sedangkan korban hilang berasal dari beberapa desa dari Kecamatan Besitang. Mereka adalah Eri Susanto (13) pria, Raswin (60) wanita, Urni (30) wanita, Manto (3) pria, dan Irwan Sutrisno (21) pria. Sementara 7 korban hilang lainnya belum diperoleh identitasnya.

Banjir di Langkat itu mengakibatkan lebih dari 10 ribu warga mengungsi ke sembilan posko. Jumlah pengungsi diperkirakan lebih banyak namun tidak terdata.

Di Riau, banjir juga mengakibatkan jalur lalu lintas timur yang menghubungkan Pekanbaru-Medan, tergenang air setinggi 1 meter.

"Saat ini di Rohil masih diguyur hujan deras. Bila masih berlanjut sampai malam hari, kami khawatir jalan lintas timur ke Labuhan Batu Sumut dari Pekanbaru akan terputus total," kata Kapolres Rohil AKBP Anang Ripandoko.

Untuk mengantisipasi terputusnya jalan lintas timur ini, Polres Rohil mendirikan posko di pinggir badan jalan. Posko ini nantinya akan memantau arus lalu lintas yang kian ramai menjelang Natal.

Sementara itu, jalan utama yang menghubungkan Riau ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Kabupaten Kampar terputus total. Badan jalan sepanjang 30 meter tertimbun tanah longsor. Arus lalu lintas dialihkan lewat jalur Pekanbaru melalui Kabupaten Taluk Kuatan.

Di Aceh, lima kabupaten diterjang banjir setelah diguyur hujan tiga hari berturut-turut. Lebih dari 30 ribu orang mengungsi. Jalur transportasi perbatasan Aceh-Sumut terputus total.Kelima kabupaten itu adalah Aceh Tamiang, Aceh Timur, Langsa, Aceh Utara, dan Bireuen. (Dtc)



Post Date : 24 Desember 2006