3 Bulan 3 Kalurahan Dlingo Sulit Air Bersih

Sumber:Kedaulatan Rakyat - 10 Oktober 2005
Kategori:Air Minum
DLINGO (KR) - Sejak tiga bulan terakhir warga di Kalurahan Temuwuh dan Mangunan, Dlingo, mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Bahkan sejak awal Ramadan lalu, warga di beberapa pedukuhan di Mangunan, harus rela antre berjam-jam untuk bisa mendapatkan satu jerigen air bersih. Sementara itu, bakti sosial SMAN 6 Yogyakarta dalam rangka syawalan alumni, Sabtu (8/10) membantu pengedropan air bersih di Kalurahan Mangunan dan Temuwuh sebanyak 40 tanki air bersih.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Ketua Arisan Alumni SMAN 6 Yogyakarta, Ny N Diah Setyowati, Sabtu (8/10) dan diterima Lurah Mangunan, Jiono SSos, disaksikan Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Ny Hj Ida Idham Samawi, Camat Dlingo Drs Didik Warsito, pengurus Arisan Alumni SMAN 6 Yogyakarta dan tokoh masyarakat setempat, di Balai Desa Mangunan.

"Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang sejak beberapa bulan terakhir harus antre untuk mendapatkan air bersih," terangnya.

Usai penyerahan secara simbolis bantuan air sebesar Rp 2 juta, rombongan alumni SMAN 6 Yogyakarta, melakukan peninjauan ke Dusun Kanigoro, Mangunan, yang sejak tiga bulan terakhir warga kesulitan mendapatkan air bersih. Menurut sejumlah warga, kesulitan air bersih disebabkan pompa air yang ada di sumber air rusak sehingga aliran air ke bak-bak penampung terhambat.

Sebelumnya, PMI Cabang Bantul juga telah memberikan bantuan perbaikan pompa air yang rusak. Namun karena perbaikan yang dilakukan belum selesai maka hingga saat ini kebutuhan air belum dapat tercukupi.

Menurut Lurah Mangunan Jiono, untuk mendapatkan satu jerigen air, warga harus antre sampai beberapa jam. Hal itu disebabkan kerusakan pompa sejak beberapa bulan lalu sehingga pasokan air ke bak-bak penampung serta selang saluran air sangat terhambat.

"Setiap sore puluhan warga terpaksa antre untuk nadhahi air dari selang yang kecil untuk mendapatkan air. Sehingga antrean biasanya berlangsung sampai larut malam," terang Jiono.

Dengan bantuan dari PMI dan Alumni SMAN 6 Yogya itu diharapkan mampu meringankan beban warga dan kebutuhan air dapat tercukupi sampai beresnya pompa air yang kini diperbaiki. (Can)-b

Post Date : 10 Oktober 2005