AIR BERSIH: Ada 171 PDAM Sehat

Sumber:bisnis-jabar.com - 27 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Pemerintah mengungkapkan hingga pertengahan tahun ini terdapat 171 perusahaan air minum daerah (PDAM) yang sehat. Terdapat 31 PDAM yang tahun lalu beralih dari kondisi kurang sehat menjadi sehat.


Kepala BPP SPAM Rachmat Karnadi mengungkapkan pada hingga akhir 2011 terdapat 140 PDAM yang sehat, sedangkan kurang sehat 103 unit, dan tidak sehat 87 unit.

“Tiap tahun status PDAM  ini akan terus ditingkatkan agar mampu menyediakan air minum kepada masyarakat, tahun ini bertambah 31 PDAM yang sehat,” ujarnya di Jakarta, Senin (27/5/2013).


Dia menjelaskan angkat itu melebihi target karena tahun 2012, pihaknya menargetkan terdapat 157 PDAM yang sehat. Menurutnya pemerintah menargetkan tahun hingga akhir tahun ini semua PDAM dalam kondisi sehat sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

PDAM berstatus sehat, paparnya, harus mampu berkembang sekaligus dapat memperbaiki kas dan kewajiban pinjaman. Di samping itu, mampu mengoperasikan instalasi secara efisien untuk melayani penyediaan air minum kepada pelanggan.


Adapun PDAM kategori kurang sehat adalah PDAM yang belum mampu menanggung risiko keuangan kas dan pembayaran pinjaman dalam mengembangkan pelayanannya.

Sedangkan PDAM berstatus sakit adalah PDAM yang tidak mampu menanggung risiko kas dan pinjaman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.


Dia menjelaskan berdasarkan identifikasi yang dilakukan oleh BPP SPAM di tahun 2012 terdapat beberapa permasalahan utama PDAM, yakni masih banyak PDAM yang mempunyai pipa asbes, beberapa IPA fiber mengalami kerusakan parah.


Selain itu beberapa PDAM belum mampu menyusun laporan keuangan terutama PDAM yang mengalami pemekaran wilayah, banyak PDAM yang tarifnya belum layak dan belum adanya pembagian wilayah antara pelayanan PDAM dan penyelenggara SPAM non PDAM.



Post Date : 28 Mei 2013