Warga Talang Putri Belum Nikmati Air Bersih

Sumber:sindonews.com - 29 April 2013
Kategori:Air Minum
Ratusan warga Jalan Kapten Robani Kadir Kelurahan Talang Putri Plaju hingga kini belum bisa menikmati air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi. 

Padahal warga yang tinggal di RT 28 dan 32 Kelurahan Talang putri berulang kali meminta pihak PDAM dan aparat kecamatan untuk segera memasang pipa dan segera mengaliri air bersih ke rumah-rumah mereka. “Ratusan kepala keluarga di sini sangat menantikan air bersih. Sejak 2012 saya dan warga kampung lainnya sudah membuat surat permonan resmi agar PDAM segera menyalurkan air bersih di tempat kami, namun belum ada tanggapan,” ungkap Sudirman kemarin. 

Di RT 28 jelas dia terdapat 53 kepala keluarga (KK) yang membutuhkan air bersih. Sementara di RT 32 ada sekitar 50 KK dengan kondisi yang sama. Untuk keperluan sehari-hari, warga di dua RT mengonsumsi air tanah yang warnanya kekuningan dan berbau. “Kalau untuk mandi saja kami ngeri kalau air ini bisa menyebabkan gatal-gatal. Apalagi untuk kebutuhan masak dan minum. Terkadang kami bingung mencari air bersih,” keluh Sudirman. 

Ketika dikonfirmasi, Camat Plaju Yunan Helmi mengaku tidak tahu kalau ada warganya yang belum menikmati air bersih. Sebab, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan mengenai hal itu. “Setahu saya warga yang tinggal di Kecamatan Plaju semua telah dilayani PDAM. Kalau memang ada, kami akan mengkomunikasikannya ke PDAM,” katanya. 

Setelah diberitahu kalau warga yang belum mendapatkan air bersih tinggal di RT 28 dan 32 Kelurahan Talang Putri, Yunan baru mafhum. Menurutnya, lokasi dua RT tersebut cukup jauh, sehingga butuh pipa yang panjang untuk menjangkau perumahan warga. ”Selain itu jembatan yang berada di Kelurahan Talang Putri juga menjadi penghalang untuk sambungan pipa,” ungkap dia. 

Sementara Direktur Teknik PDAM Tirta Musi Stephanus mengaku telah menerima laporan dari warga di Kelurahan Talang Putri yang tempat tinggalnya belum dialiri air bersih. Petugas PDAM juga telah melakukan survey ke tempat tersebut. 

“Surat perintah pemasangan pipa telah kami berikan kepada petugas. Mudah-mudahan dua bulan ke depan warga yang tinggal di RT 28 dan 32 Talang Putri bisa menikmati air bersih,”janji Stephanus.

Post Date : 29 April 2013