28 Persen Pipa PDAM Bocor

Sumber:Banjarmasin Post - 28 Juni 2007
Kategori:Air Minum
BARABAI, BPOST - Besarnya kebocoran pipa PDAM Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang mencapai 28 persen, menyebabkan kapasitas produksi perusahaan menyedia air bersih ini minim.

Kepala PDAM Barabai, H Kursani mengungkapkan, kemampuan produksi sekarang hanya 102 liter perdetik. Dengan kondisi ini air PDAM hanya cukup untuk mengairi 10.200 pelanggan.

"Kebocoran pipa memang cukup besar. Kendati dalam angka tersebut masih bisa dikatakan punya cadangan produksi untuk menambah pelanggan, kemungkinan itu tipis," ujarnya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, tahun ini PDAM segera menyelesaikan instalasi pengolah air di Irigasi Batang Alai Kecamatan Batang Alai Selatan. Jika selesai, produksinya bisa bertambah 40 liter per detik.

Sesuai rumus baku yang berlaku, 10 liter perdetik diasumsikan untuk 1.000 pelanggan. Dengan 40 liter perdetik bisa mengairi 4.000 pelanggan.

Dengan kondisi produksi yang minim sekarang, sejumlah wilayah masih kesulitan air bersih, seperti Manjang, Matang Ginalon, Bukat dan kompleks Bawan Permai.

Di kawasan itu PDAM sudah menutup pendaftaran baru untuk sementara, karena pipa bawah tanah untuk menyuplai air ke rumah-rumah penduduk sudah tak sebanding jumlah pelanggan yang ada.

"Pipa kita tertanam untuk kawasan itu hanya 2 inci. Idealnya hanya untuk 50 pelanggan. Saat ini rata-rata sudah di atas 100 pelanggan," ungkapnya.yud



Post Date : 28 Juni 2007