24.637 Warga Terserang Diare

Sumber:Koran Sindo - 16 Juni 2008
Kategori:Sanitasi

MALANG (SINDO) – Waspadahal. Penyakit diare mengancam. Di Kabupaten Malang, kasus diare tergolong cukup tinggi.Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, tercatat sudah ada 24.637 warga yang terserang diare. 

Data tersebut adalah akumulasi kasus sejak Januari- Mei 2008.Kasus diare ini menyebar di seluruh wilayah di 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Umumnya, penyakit ini menyerang anak-anak usia 0- 15 tahun. ”Kita berikan p e n y u l u h a n PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) kepada masyarakat. Ini kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya masyarakat yang menderita diare,” terang Kepala Dinkes Kabupaten Malang Agus Wahyu Arifin kemarin.

Meskipun begitu, menurutnya, dibandingkan kasus pada 2007 lalu,angka ini cenderung menurun. Pada 2007 lalu, jumlah penderita diare mencapai 62.781 orang.”Kita terus lakukan penyuluhan. Khususnya penyediaan oralit, cukup penting untuk mencegah bertambah parahnya penyakit diare,”terangnya. Dia menambahkan,penyakit diare harus diantisipasi serius,karena bisa menyebabkan kematian apabila tidak cepat ditangani.

Sebab,potensi kematian akibat keterlambatan penanganan penderita diare bisa dimungkinkan terjadi. Penyebab serius terjadinya kematian pada penderita diare karena keterlambatan pengobatan. Bahkan, apabila terjadi kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi berat.

Terpisah, anggota DPRD Kabupaten Malang Eko Budi Prasetyo mengatakan,Dinkes harus lebih maksimal dalam pencegahan penyakit diare. Sebab, di Kabupaten Malang yang masih minim tempat mandi,cuci,dan kakus (MCK). Menurutnya, ini salah satu sumber penyebaran diare. (zia ulhaq)



Post Date : 16 Juni 2008