PMI Bantu Pipa Saluran Air Lereng Merapi

Sumber:suaramerdeka.com - 6 Mei 2014
Kategori:Air Minum
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Salatiga memberi bantuan atas kerusakan pipa saluran air warga Desa Sumbung, Kecamatan  Cepogo. Bantuan itu ditujukan kepada PMI Boyolali, Minggu 94/5). 

Bantuan berupa pipa saluran air untuk mengganti pipa lama yang hanyut tersapu banjir lahar dingin Gunung Merapi.
Secara simbolis bantuan diserahkan secara langsung Siti Muawanah, selaku Sekretaris PMI Kota Salatiga kepada  Nunung (Bayan Desa Sumbung) disaksikan kepala Markas PMI  Boyolali serta jajaran terkait.

Siti Muawanah menyampaikan, bahwa bantuan yang disalurkan ini adalah hasil pengumpulan di Posko PMI Kota Salatiga yang berasal dari instansi pemerintah dan swasta, sekolah, warga, kelompok mahasiswa sepanjang tahun 2014. Hal ini dilakukan PMI Kota Salatiga sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat yang telah mempercayakan bantuannya melalui PMI Salatiga.

“Meskipun warga yang terkena musibah adalah bukan warga kota Salatiga, namun sejalan dengan program PMI Kota Salatiga untuk menjadikan Kota penyangga bencana, maka melalui rapat pleno pengurus kami memutuskan untuk membantu mereka yang membutuhkan sesuai dengan kemampuan PMI, “ tandasnya.

Kepala Markas PMI Kota Salatiga Tri Sujrisdiyanto menambahakn, selain membantu pipa dan peralatan lainnya, 15 orang sukarelawan PMI Kota Salatiga dan beberapa sukarelawan Komunitas Relawan Independen Salatiga juga membantu warga desa Sumbung untuk pemasangan saluran air tersebut. Dengan bahu membahu, relawan dari Salatiga bersama relawan PMI Boyolali dan warga melakukan pembersihan jalur untuk saluran air dan pemasangan pipa air bersih warga.

“Pipa yang dipasang adalah berupa pipa gulung yang kuat terhadap benturan matrial apabila terjadi banjir lagi.  Hal ini dilakukan karena dalam pemasangan pipa berada di sepanjang sungai yang rawan rusak,” kata Tri. (H32-64)



Post Date : 06 Mei 2014