350 KK di Desa Tadang Palie butuh air bersih

Sumber:sindonews.com - 26 Juni 2013
Kategori:Air Minum

 Sebanyak 350 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Awo Desa Tadang Palie, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone, mengalami kesulitan menerima air bersih. Pasalnya, lokasi desa yang berada di dataran tinggi itu, tidak ada sumber mata air yang bisa dikelola, dan warga terpaksa membeli air bersih perjerigennya Rp5.000.

Kepala Desa Tadang Palie Kecamatan Ulaweng Andi Mappakaya Amir mengatakan, bahwa keberadaan desa sejak dipimpinnya itu sudah diupayakan permohonan bantuan kepada pemerintah untuk mendapatkan air bersih melalui sambungan pipa ledeng dari desa tetangga sejauh lima kilometer dari tempat warga mengambil air. Namun sejauh ini, masih belum berhasil.

"Bayangkan, jika warga Dusun Awo itu yang notabenenya warga miskin tidak bisa membeli air, dia turun langsung berjalan kaki (majujung) dengan waktu sampai 1-2 jam. Dan saya sebagai kepala desa sudah tidak tahu kemana lagi bisa mendapatkan bantuan ini," kata Andi Mappakaya Amir, di Makassar, Rabu (26/6/2013).  

Ditambahkan dia, kebutuhan air yang sangat mendasar bagi warganya sangatlah dibutuhkan. Pemerintah diharapkan untuk membantu air bersih yakni dengan jalan memberikan mobil tangki air. 

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kabupaten Bone Andi Pahrum Pawi mengatakan, kondisi Desa Tadang Palie termasuk yang membutuhkan air bersih, dan sudah masuk dalam laporannya. 

Dia melanjutkan, tahun 2014, spam air bersih akan dianggarkan melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebagai upaya pemerintah dalam memenuhi program Millenium Development Goals (MDGs).

"Usulan anggaran pengadaan air bersih memakan cukup dana yang sangat besar hingga kita meminta bantuan dari pemerintah pusat dan kita juga akan melakukan uji sumur pengeboran karena jangan sampai tidak ada sumber mata airnya," jelasnya.



Post Date : 27 Juni 2013