13.000 Rumah di Maros Terlayani Air Bersih

Sumber:antarasulsel.com - 4 November 2014
Kategori:Air Minum
Sebanyak 13.000 rumah tangga di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, sudah terlayani air bersih dari perusahaan air minum daerah setempat.

"Dari 14 kecamatan di Maros, sembilan kecamatan di antaranya sudah teraliri air bersih," kata Kepala Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Maros Abdul Baddar di Kabupaten Maros, Selasa.

Dia mengatakan pengadaan sarana pipanisasi ke rumah-rumah penduduk merupakan bagian dari bantuan hibah dari program sanitasi AusAID melalui IndII.

Sementara empat kecamatan yang belum terjangkau pipanisasi PDAM di daerah berjulukan "butta salewangan" adalah Kecamatan Moncongloe, Camba, Cenrana dan Tompo Bulu.

Menurut Badar, lokasi itu masih terkendala akses pipanisasi karena faktor jarak dengan sumber instalasi air bersih. Kendati demikian, tetap akan menjadi target untuk pemasangan pipa PDAM selanjutnya.

Sementara itu, salah seorang warga penerima manfaat di Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Daeng Mari mengatakan sejak menjadi pelanggan PDAM setahun yang lalu, dirinya tidak perlu ke sungai atau sumur yang letaknya jauh dari rumah. 

"Sekarang sudah dapat air yang lebih terjamin kebersihannya, kalau ambil air di sungai masih kotor, kadang ada bangkai binatang," katanya. N Yuliastuti


Post Date : 05 November 2014