2012, Air PDAM Langsung Minum

Sumber:Surya Pos - 28 Januari 2011
Kategori:Air Minum

MALANG | SURYA- Pada 2012 nanti, warga Kota Malang tak perlu lagi merebus air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebelum diminum. Sebab, 2012 nanti air PDAM sudah siap minum, meski tanpa diolah (direbus).

Dijelaskan oleh Wali Kota Malang Peni Suparto, saat ini PDAM merintis program tersebut untuk seluruh pelanggan, bukan hanya pelanggan di titik tertentu yang bisa menikmati air bersih langsung minum.

Disebutkan, untuk merealisasikan program air bersih langsung minum tersebut, butuh investasi yang besar, karena harus menambah jaringan pipa serta peralatan yang mampu menyeterilkan air.

Namun, dengan meningkatkan kualitas layanan tersebut, diharapkan jumlah pelanggan PDAM terus bertambah, terutama pelanggan ‘normal’, artinya bukan pelanggan yang sudah diplot untuk program masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang mendapatkan subsidi pemasangan jaringan.

Kebutuhan anggaran yang cukup besar tersebut, katanya, tidak diambil dari APBD atau anggaran PDAM, tapi bisa bekerja sama dengan investor atau mengajukan pinjaman ke perbankan.

Kalau bekerja dengan investor, lanjutnya, investor itu nanti bisa mengemas air yang bisa diminum dan diproduksi PDAM dan dijual layaknya air mineral kemasan seperti yang sudah banyak beredar di masyarakat.

“Kerja sama ini kan sama-sama menguntungkan, sehingga bisa ditindaklanjuti jika memang harus menjalin kerja sama dengan investor. Yang pasti, sekarang ini sedang kami pikirkan program yang paling bagus dan tidak merugikan PDAM maupun pihak ketiga,” tegas Peni.

Beberapa tahun lalu, PDAM Kota Malang sudah meluncurkan program air bersih yang bisa langsung diminum dengan nama Zona Air Minum Prima (ZAMP). Namun, pelanggan yang bisa menikmati program tersebut baru sebatas pelanggan di kawasan perumahan elite.

Beberapa kawasan perumahan yang bisa menikmati ZAMP tersebut di antaranya adalah warga di perumahan Pondok Blimbing Indah (PBI), Araya, Dieng, dan Permata Jingga.

Pada akhir tahun 2010, jumlah pelanggan PDAM Kota Malang mencapai Rp 100.000 sambungan, tersebar di 47 kelurahan dari 57 kelurahan. Sehingga, masih ada 10 kelurahan yang belum terjangkau layanan air PDAM.nekn/ant



Post Date : 28 Januari 2011