2008, PAM Kota Bogor Bisa Langsung Diminum

Sumber:Suara Pembaruan - 31 Mei 2006
Kategori:Air Minum
[BOGOR] Air bersih bisa langsung diminum segera direalisasikan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bogor pada tahun 2008 mendatang. Saat ini, baru uji coba penempatan air PAM langsung minum di areal kantor PDAM sendiri dan pada 7 Juni mendatang akan disiapkan kran air bisa diminum langsung di depan Balaikota Bogor.

Menurut Direktur Utama PDAM Kota Bogor, Memet Gunawan, Selasa (30/5), di Bogor. tidak menutup kemungkinan setelah dilakukan penempatan kran air minum langsung di Balaikota Bogor, juga pemasangan kran air minum langsung di tempat-tempat wisata seperti Kebun Raya Bogor dan sejumlah sub terminal atau stasiun kereta.

Untuk lokasi perumahan, lanjutnya, saat ini baru ada pendistribusian air langsung minum di perumahan Komplek Pakuan, Jalan Raya Tajur, Kota Bogor. Di lokasi perumahan itu, air bisa siap langsung diminum dan diberi nama "Zona Air Prima". Mengingat sarana dan prasarana yang belum memadai, pendistribusian air langsung minum ini akan dilakukan bertahap.

Menyinggung pelayanan air saat ini di Kota Bogor, Memet mengatakan, dari jumlah penduduk sebanyak 820 ribu yang baru terlayani mencapai 63 persen dengan jumlah pelanggan sebanyak 70.840. Pendistribusian air bersih saat ini terhadap pelanggan, lanjutnya, 30 persen bersumber dari mata air, dan 70 persen sisanya PDAM Kota Bogor mengolah air permukaan Sungai Cisadane. Pengolahannya dengan menggunakan bahan kimia yang telah memenuhi standar kesehatan.

Tingkat kehilangan air dari pendistribusian air bersih mencapai 1.200 liter per detik, yakni mencapai 30 persen. Hal itu dikarenakan jaringan pipa yang dipakai dalam pendistribusian air bersih kepada pelanggan masih sekitar 20 persen menggunakan pipa buatan zaman Belanda di tahun 1918 dan tahun 1970-an.

Tiga Terbaik

Namun tingkat kehilangan air ini dinilai masih baik ketimbang daerah atau kota lainnya di Indonesia, sehingga PDAM Kota Bogor menempati urutan ke tiga sebagai PDAM terbaik se Indonesia. Sedangkan untuk tingkat pencurian air bersih dengan menyambung instalasi langsung, persentasenya saat ini masih kecil. Untuk mengantisipasinya PDAM bekerja sama dengan kepolisian di Kota Bogor.

Kendati Bogor berjulukan kota hujan, pada musim kemarau PDAM Kota Bogor akan menyiapkan pompa di beberapa reservoar air dengan penambahan debit air sekitar 50 liter per detiknya. Dengan demikian dalam 24 jam pelayanan air bersih tidak akan terhenti.

Para pelanggan yang berada di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Bogor, yang jumlahnya mencapai 14 000 dan sebelumnya sempat mendapat pelayanan air bersih dari PDAM Kabupaten Bogor, secara bertahap akan ditangani PDAM Kota Bogor. [126]

Post Date : 31 Mei 2006