Setelah BUMDes Istrik, Kini Garap BUMDes Air Minum

Sumber:korankaltim.com - 21 April 2013
Kategori:Air Minum
Pemerintah Kecamatan Rantau Pulung melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kembali menggeliatkan peluang usaha di bidang pengelolaan dan penyediaan air siap minum.

Sebelumnya BUMDes di Ranpul telah mengoperasionalkan Listrik Desa (Lides), dengan adanya jenis usaha baru yang bersentuhan dengan hajat hidup orang banyak tersebut mampu meningkatkan pemasukan keuangan desa. Camat Rantau Pulung Poniso Suryo Renggono menyebutkan, usaha pengelolaan dan penyediaan air siap minum adalah jenis usaha potensial yang memang sangat diperlukan untuk menyuplai kebutuhan warga dalam setiap harinya.

Kehidupan masyarakat di Ranpul semakin bergairah, dengan tersedianya berbagai layanan yang diusahakan oleh desa dan bekerjasama dengan pihak Kecamatan.
“Terlebih hal ini sudah sesuai dengan Peraturan Bupati tentang BUMDes, yang mana merupakan prasarana yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian di wilayah mereka,” jelasnya.

Dengan diresmikannya keberadaan 8 Buah BUMDes listrik desa oleh Bupati Kutim H. Isran Noor pada (16/4) lalu. Hal tersebut memancing pihak desa untuk kembali mengusahakan adanya terobosan baru bagi keberlangsungan BUMDes, untuk terus dapat berinovasi.  “Tahun 2013 ini, seluruh desa di Ranpul sudah sepakat untuk penyertaan modal ke BUMDes melalui Dana Alokasi Desa (ADD) akan diinvestasikan bagi usaha bidang pengelolaan dan penyediaan air siap minum. Dengan rata-rata penyertaan modal sebesar Rp 50 hingga 100 juta bagi pembelian Depo Air Minum nantinya,” ucap Poniso dengan penuh semangat.

Geliat perekonomian di Rantau Pulung tersebut dikarena-kan banyaknya investasi dari luar yang masuk ke wilayah tersebut, khusunya pada sektor perkebunan kelapa sawit dan pertambangan. Dampak positif investasi tersebutlah, yang membuat warga desa bersama pemimpin masyarakat setempat terus berupaya meningkatkan perekonomian.

Terutama dalam memperbaiki taraf hidup masyarakat, jika semula jalan-jalan di desa yang ada di Ranpul hanya berupa tanah dan hamburan batu, sekarang ini sudah berubah menjadi semenisasi. “Masyarakat sendiri tidak mengeluhkan untuk kondisi jalan Sangatta-Rantau Pulung, yang memang masih dalam tahap pengerjaan. Tapi untuk jalan antar desa, sudah dalam kondisi bagus, dan tidak ada warga yang mengeluhkan kepada saya,” terang Camat.


Post Date : 22 April 2013