Kementerian PU Bakal Bangun Infrastruktur Air Bersih

Sumber:tribunnews.com - 16 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) berencana membangun infrastruktur pelayanan air bersih di sejumlah daerah yang mengalami kekurangan air. Rencana tersebut bisa dilakukan jika Kementerian PU mendapatkan anggaran belanja lebih.

"Kalau anggaran lebih itu kita usulkan untuk air minum," ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Kamis (16/5/2013).

Djoko menjelaskan, saat ini banyak masyarakat Indonesia masih kekurangan air minum. Djoko mencontohkan untuk daerah nelayan yang sekarang kekeringn dan beberapa desa-desa terpencil. "Desa-desa yang rawan air itu kita alokasikan, air minumnya kita penuhi. Nelayan yang kumuh-kumuh itu kita penuhi airnya," jelas Djoko.

Untuk merealisasikan program bantuan air bersih tersebut, PU membutuhkan anggaran Rp 3 triliun. Meski dalam pelaksanaannya anggaran dipotong, PU pun sudah mempersiapkan beberapa rencana selama program bantuan air bersih bisa berjalan.

"Jadi kalau besok dikasih uang kita sudah siap rencananya. Kalau dipotong juga sudah siap. Barusan saya juga sudah bicara kita udah dapat Rp 3 triliun sekian dari sisa tender. Nanti kita kurangi dikit," papar Djoko.

Pemerintah telah sepakat melakukan pemotongan anggaran kementerian dan lembaga (K/L) awal kuartal II 2013. Pemotongan anggaran tersebut berlaku untuk 13 kementerian dan 2 lembaga pemerintahan negara yakni KPU dan Kepolisian (Polri).

Dari 13 kementerian dan lembaga, Kementerian Pekerjaan Umum adalah kementerian yang memiliki porsi paling besar dalam pemotongan anggaran tersebut. Anggaran Kementerian PU dipotong hingga Rp 6,1 triliun.

 



Post Date : 16 Mei 2013