Warga Desa Sukomulyo Sudah Tidak Kesulitan Air Bersih

Sumber:detik.com - 8 Juli 2013
Kategori:Air Minum

Persoalan air bersih di Desa Sukomulyo kini sudah sedikit teratasi. Sebuah sumur artesis (bor) dengan 4 tandon besar siap mengucurkan air untuk kebutuhan warganya.

"Air di sini (Sukomulyo) memang sulit," kata Huda salah satu warga kepada wartawan, Minggu (7/7/2013).

Huda mengatakan, PDAM memang sudah masuk, tetapi tidak semua warga mempunyainya karena biaya pasangnya yang cukup mahal. Lagipula, saat musim kemarau, aliran air PDAM lebih sering mati. Dan selama 2 tahun ini, air PDAM di Sukomulyo tidak mengalir.

"Kami terpaksa membeli air melalaui truk tanki. Untuk biayanya, kami urunan," lanjut Huda.

Air sumur, kata Huda, sudah tak muncul lagi. Kalaupun ingin membuat sumur artesis diperlukan biaya yang sangat mahal karena kedalaman puluhan meter belum cukup untuk memuncratkan air. Air mungkin akan memancar jika sudah dibor pada kedalaman ratusan meter.

"Kami ada biaya dari mana," keluh Huda.

Sumur artesis itu sendiri merupakan wujud CSR dari PT Lautan Luas bersama 4 anak perusahaannya yang ada di Gresik. Sumur yang berlokasi di belakang Masjid raudlatul Anwar tersebut dibor pada kedalaman 200 meter dan ditampung dalam 2 buah tandon berkapasitas 5.200 liter dan 2 buah tandon bekapasitas 2.000 liter.

"Untuk teknisnya, kami serahkan kepada warga," ujar Business Project Manager PT Lautan Luas Ridwan Adipoetra seusai acara Peresmian sumurbor program CSR Lautan Luas Group di Desa Sukomulyo.

Sayangnya Ridwan enggan menjelaskan berapa biaya untuk program bantuan masyarakat tersebut. "Maaf kami tak bisa sebut nilainya. Jangan dilihat nilainya tetapi bagaimana program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujar Ridwan.



Post Date : 08 Juli 2013