Kebutuhan Air Baku DKI Dibantu Sumur Resapan

Sumber:beritajakarta.com - 30 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Kebutuhan air di Jakarta saat ini masih sangat bergantung dari Waduk Jatiluhur, Jawa Barat. Agar tidak selalu bergantung dengan daerah lain, Pemprov DKI Jakarta selain akan mengupayakan dari waduk sendiri juga akan mengupayakan lewat sumur resapan yang dibangun warga dan sejumlah pengelola gedung.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengajak, parastakeholder untuk berpartisipasi dalam penyediaan air bersih, dengan sistem pemanenan air atau rain water harvesting system (RHWS) dengan menampung air hujan dalam sumur resapan. 

"Kita baru memulai, supaya bisa panen air, kayak di Pluit," kata Jokowi, usai Seminar Implementasi Kebijakan Pemanenan Air Dalam Rangka Manajemen Resiko Sumber Daya Air di Jakarta, Kamis (30/5).

Di setiap gedung nantinya diwajibkan membuat sumur resapan sebagai langkah untuk penyimpanan air. Sehingga tidak ada air yang terbuang banyak. Sementara untuk air yang terlanjur mengalir di aliran air tidak dibuang ke laut melainkan ditampung di waduk. Namun, kondisi waduk di Jakarta saat ini kurang memadai maka masih perlu perbaikan dan penanganan maksimal.

"Sehingga air yang tertampung di waduk bisa digunakan sebagai air baku. Tapi waduk kalau waduknya seperti Riario dan Pluit, mana yang mau dipanen? Untuk itu kita perbaiki dulu, jadi airnya nanti bisa digunakan," ujar Jokowi.

Sementara untuk pembuatan sumur resapan di setiap gedung perkantoran sudah dikeluarkan peraturan gubernur. Kebijakan tersebut telah berjalan selama 1,5 bulan ini. "Pergubnya sudah keluar, hanya pelaksanaannya kurang cepat, mau kita percepat," tegas Jokowi.

Dalam pergub tersebut, tidak hanya mengatur untuk gedung baru melainkan gedung lama yang sudah berdiri juga diwajibkan membuat sumur resapan. Ia pun mengancam jika pengelola gedung tidak menaati peraturan ini izinnya akan dicabut. "Gedung yang sudah terlanjur berdiri, juga diminta untuk membuat sumur resapan. Untuk gedung baru jika tidak ada sumur resapan maka IMB (izin mendirikan bangunan) tidak akan dikeluarkan. Buat sumur resapan murah meriah kok," tandasnya.



Post Date : 31 Mei 2013