PDAM Depok Siapkan Air Penyulingan di 3 Titik

Sumber:okezone.com - 12 Agustus 2013
Kategori:Air Minum

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Depok didorong untuk segera melaksanakan program pendistribusian air ke sejumlah titik agar bisa langsung diminum tanpa dimasak terlebih dahulu. Tentunya juga harus dijamin keamanan dan kualitasnya bagi kesehatan.

Hal itu ditegaskan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail. Dia menegaskan, tahun ini PDAM tengah melakukan kajian secara teknis agar bisa dimanfaatkan oleh publik. Targetnya, kata dia, di tiga titik di lingkungan Balaikota Depok dan Terminal Depok.

"Akan uji coba air minum gratis dan bisa langsung diminum di tempat-tempat publik, di Balaikota akan ada tiga titik. Yang kita siapkan ini bersumber dari PDAM, dimasukkan ke alat Teknik Pengolahan Air, setelah melalui proses penyulingan atau pemurnian hingga layak minum, lalu dialirkan kepada publik," katanya di Balaikota Depok, Senin (12/08/2013).  

"Siapkan unit pengucurnya di tiga tempat. Di kantor Satpol PP, di Dibaleka, lalu di masjid Balaikota, saya berharap ke depan juga bisa dialirkan ke terminal serta sejumlah pusat perbelanjaan," katanya

Nur Mahmudi mengungkapkan, program tersebut akan resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2013. Namun, harus aman dari kesehatan bebas dari gerusan karat atau besi pada pipa penyaluran.

"17 Agustus diluncurkan di Balaikota. Saya punya istilah yaitu PDAM ini Perusahaan Daerah Air Mandi, belum layak dipakai minum harusnya bisa diproses lebih jauh lagi," kata dia. 

"IPALnya harus bagus, pipa harus HTPE (High Density Poly Ethylene). Sehingga tak akibatkan dari gerusan yang mempengaruhi kesehatan, agar bisa diuji dulu dari aneka laboratorium," tambah dia. 

PDAM Kota Depok menargetkan memiliki 1.000 pelanggan baru 2013. Saat ini, jumlah pelanggan resmi PDAM Depok yakni sebanyak 6.000 pelanggan yang berasal dari UPT Air Bersih Depok.



Post Date : 13 Agustus 2013