Djokir Ajak Jokowi Ikutan Bahas Masalah Air Bersih

Sumber:detik.com - 30 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengajak berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam LSM dan pengembangan kebijakan baik pusat maupun daerah untuk membahas masalah air bersih. 

Tak lupa, Djoko juga mengajak Gubernur DKI Joko Widodo alias Jokowi untuk ikutan berdiskusi mengenai masalah tersebut.

Selain itu, KemenPU juga mengajak perwakilan dari Jepang yaitu International Cooperation Agency (JICA) untuk sama-sama membahas terkait manajemen risiko sumber daya air.

Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan, kebutuhan air dan kemampuan penyediaan air di Jakarta sudah tidak mencukupi lagi sehingga terganggunya penyediaan air dan memicu kebanjiran.

"Pertumbuhan industri juga menyebabkan kelangkaan air bersih sehingga ini perlu dicarikan solusi," kata Djoko dalam Seminar Implementasi Kebijakan Pemanenan Air (Water Harvesting) Dalam Rangka Manajemen Risiko Sumber Daya Air di DKI Jakarta, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Sementara itu, Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Luky Eko Wuryanto mengatakan, curah hujan di negara Indonesia relatif besar. Tapi beberapa tahun terakhir jauh lebih sedikit dibandingkan beberapa tahun lalu karena banyaknya pembangunan gedung-gedung.

"Kita mengundang beberapa elemen untuk menyampaikan pengalaman-pengalaman mereka terkait air sehubungan dengan masalah dan akibat-akibatnya," kata dia.

Selain itu, kata dia, penduduk Jakarta yang lebih dari 25 juta orang memungkinkan berbagai hal yang harus kita lakukan terkait peningkatan kapasitas air. Misalnya bendungan air untuk menjaga kelangsungan dan kenyamanan wilayah Jakarta.

"Dalam konteks itulah kami mengadakan acara ini untuk komitmen kedua pemimpin daerah sangat penting. Seperti apa memanen air," ujarnya.

Dalam acara ini hadir lebih dari 80 peserta dari berbagai elemen, diantaranya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Perwakilan Gubernur Jawa Barat, Chief Representative Japan International Cooperation Agency (JICA) Atsushi Sasaki, Duta Besar Jepang Yoshinori Katori, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU Moh. Hasan.

Selain itu hadir pula Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Sarwo Handayani, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat Deny Juanda Puradimaja, Research Institute For Humanity and Nature Taniguchi Makoto, Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan Institut Pertanian Bogor, Asisten Deputi Bidang Pendayagunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pemerintah, Kementerian Riset dan Teknologi Pariatmono, Direktur Eksekutif LSM Mitra Bentala Herza Yulianto, dan Asisten Deputi Infrastruktur Sumber Daya Air, Kemenko Bidang Perekonomian Purba Robert Sianipar.



Post Date : 30 Mei 2013