Mahasiswa KKN Unnes Bantu Air Bersih Desa Mutihkulon, Wedung

Sumber:unnes.ac.id - 1 Oktober 2014
Kategori:Air Minum

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (Unnes) bekerja sama dengan PDAM mengadakan program pengedropan air bersih di Desa Mutihkulon, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Rabu (29/9).

Koordinator Lapangan KKN, Aprila Niravita didampingi Nurul Fibrianti sekalu Dosen Pendamping Lapangan KKN mengatakan, warga masyarakat Desa Mutih Kulon ini sudah beberapa pekan sulit memdapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari akibat kekeringan kemarau panjang.

“Warga memperoleh bantuan 19 truk tangkai air bantuan dari PDAM 14 tangki dan 5 tangki dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak,” kata Aprila.

Menurut Aprila, supaya adil untuk pembagiannya dibagi merata yakni satu truk tangki dibagikan satu RT dan berlangsung selama satu minggu.

Direktur PDAM Tirta Dharma Demak Qumarul Huda disela-sela pembagian air menyampaikan, program mahasiswa KKN ini sinkron dengan  program kami yakni sama-sama memberikan bantuan air bersih. Ini menindaklanjuti observasi mahasiswa KKN Unnes di Desa Mutihkulon.

Koordinator mahasiswa KKN Desa Mutihkulon Faiq menerangkan, saat ini sumur warga airnya tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari (mandi, dan cuci) bahkan rasanya asing. Untuk memenuhi kebutuhan itu warga tiap hari membeli air dengan jerigen. Satu jerigen Rp 2000,- kalau tidak musim kemarau satu jerigen Cuma Rp 500,-.



Post Date : 06 Oktober 2014