15 Km SPAM Dibangun

Sumber:Koran Sindo - 23 Februari 2011
Kategori:Air Minum

BANDUNG(SINDO) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Rahardja Kabupaten Bandung membangun saluran pipa air minum (SPAM) sepanjang 15 kilometer di Kecamatan Dayeuhkolot.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan air bersih terhadap masyarakat. Kabag Humas dan Hukum PDAM Tirta Rahardja Dadang Supriyadi mengatakan, pemasangan pipa di Dayeuhkolot tersebut karena selama ini daerah itu belum teraliri saluran PDAM. “Pembangunan saluran ini juga atas permintaan masyarakat Dayeuhkolot khususnya.Apalagi selama ini Dayeuhkolot dikenal dengan sumber air yang kurang bagus,” kata Dadang kemarin.

Pembangunan SPAM tersebut merupakan realisasi dari anggaran penyertaan modal sebesar Rp10 miliar dari APBD Kabupaten Bandung 2010 dan Kementerian Pekerjaan Umum Rp20 miliar.Selain itu, imbuh Dadang, pembangunan SPAM merupakan hasil pengembangan instalasi dari pipa di Desa Cikoneng, Kecamatan Pacet dengan kapasitas air 50 liter per detik. Pipa tersebut dipasang sepanjang 15.100 meter berdiameter 63-350 milimeter.

“Pembangunan SPAM ini merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat akan kebutuhan air bersih,”ujarnya. Sebelumnya, Komisi B DPRD Kabupaten Bandung mendesak Pemkab Bandung dan PDAM Tirta Raharja untuk meningkatkan cakupan pelayanan air bersih.

Dari sekitar 3,1 juta warga Kabupaten Bandung saat ini,baru sekitar 30% yang terlayani air bersih dari PDAM Tirta Raharja maupun air minum perdesaan. “Kualitas air minum ikut menentukan mutu kesehatan masyarakat, sehingga penyediaan air bersih merupakan suatu keharusan,” kata Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Saeful Bahri. (iwa ahmad sugriwa)



Post Date : 23 Februari 2011