Capai Air Minum Bersih 68,87%, PU Butuh Rp65 T

Sumber:okezone.com - 1 Juli 2013
Kategori:Air Minum

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan Millenium Development Goals (MDGs) untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam penyediaan air berstandar air minum hingga 62 persen pada akhir 2013 dan 2015 ditargetkan 68,87 persen.

Sekretaris Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Tamin MZ Amin mengatakan, untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan dana sekitar Rp65 triliun, dengan dana yang telah dianggarkan dari APBN sebesar Rp38 triliun sejak 2010 hingga 2015. Sementara sisanya, ditutup oleh dana investasi dari tiap PDAM daerah.   

"Misal PDAM yang berinvestasi dengan dana sendiri. Contoh beberapa PDAM daerah menggunakan dana sendiri untuk investasi senilai Rp100 miliar ke atas. Perbankan nasional juga sudah komit menyediakan dana," ungkap Tamin di Kementerian PU, Jakarta, Senin (1/7/2013).

Tamin membeberkan, penetapan target hingga akhir 2013 tersebut disebabkan masih adanya beberapa sumber atau fasilitas produksi air yang tak terpakai karena kekurangan tenaga ahli dan teknologi (idle capacity) sebesar 40.000 liter per detik. "Akan kita serap dan kita dorong PDAM-PDAM di daerah dan bisa tambah 6 persen," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, dana dari sektor perbankan yang berpartisipasi dalam upaya mencapai target MDG's tersebut mencapai Rp5 triliun untuk subsidi bunga dan jaminan pemerintah kepada tiap PDAM di daerah-daerah. 

Dia melanjutkan, untuk hal yang dapat diupayakan PDAM, antara lain adalah mengenai teknologi yang dimanfaatkan PDAM dalam pengelolaan air minum untuk meningkatkan cakupan pelayanan dan efisiensi. "Yang penting investasi itu untuk cakupan pelayanan dan efisiensi, selain membuka kesempatan bagi swasta untuk berperan serta," tandasnya.



Post Date : 02 Juli 2013