Wuih! Jokowi Bakal Memanen Air di Ibukota

Sumber:liputan6.com - 30 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Penyediaan air bersih masih menjadi masalah bagi Ibukota. Melirik persoalan ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi berniat untuk memanen air atau water harvesting

Salah satu caranya, yakni melalui pergub yang mengharuskan gedung-gedung di Jakarta menyediakan sumur resapan air. Tak cuma di gedung-gedung se-Jakarta, Pemprov DKI juga akan memanen air di tempat seharusnya, waduk.

"Kami baru memulai supaya bisa panen air, kayak Pluit itu dalam rangka ke sana. Nanti di setiap gedung itu dalam rangka itu juga," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta. Hal ini disampaikannya usai menghadiri seminar Implementasi Kebijakan Pemanenan Air dalam Rangka Manajemen Risiko Sumber Daya Air Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Jokowi menuturkan, sistem pemanenan air yang dimulai dari gedung-gedung itu dilakukan untuk meminimalisir aliran air permukaan. Dengan begitu air tersebut dapat ditampung kembali di waduk. Namun untuk melancarkan niat itu, kondisi waduk di Jakarta yang tidak memadai harus segera diperbaiki.

"Sehingga (air) waduk dapat digunakan lagi sebagai air baku," katanya.

"Tapi kalau waduknya seperti Ria Rio dan Pluit, mana yang mau dipanen?" cetus Jokowi.

Walau masih dalam proses perintisan, namun sistem serupa pemanenan air ini telah diterapkan Jakarta Utara melalui rain water harvesting (RWH) atau pemanenan air hujan. Sebanyak 4 sekolah memiliki teknologi RWH ini, yakni SMP 120 Kamal Muara, SD 01 Pluit, SD Pejagalan, dan SD 01 Kamal Muara. 



Post Date : 31 Mei 2013