Jelang Kemarau, Warga Indramayu 'Menabung' Air Bersih

Sumber:metrotvnews.com - 28 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Tidak ingin kesulitan air bersih di musim kemarau, warga Indramayu ramai-ramai menampung air hujan yang turun di musim pancaroba ini. Air hujan tersebut baru akan dipakai saat kemarau tiba.

Hal tersebut dilakukan oleh sedikitnya 30 kepala keluarga (KK) di Blok Waledan Desa Lamarantarung, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu.  


Pada seminggu terakhir ini hujan kerap turun di wilayah Indramayu. Mereka pun membuat cerobong di salah satu sudut rumah dan mengalirkannya ke bak-bak penampungan yang ada di dalam rumah. Namun ada pula yang menampung menggunakan ember lalu diangkut dan disimpan di bak penyimpanan.


"Apalagi dalam dua hari terakhir hujan turun hampir sepanjang hari, jadi air bisa ditampung lebih banyak lagi," kata Bisri, 32, seorang warga setempat, Selasa (28/5).


Warga, lanjut Bisri, sengaja menampung air hujan di musim pancaroba ini karena mereka selalu mengalami kesulitan air bersih setiap musim kemarau tiba.


"Untuk kebutuhan mandi cuci kakus (MCK) saja sangat susah. Apalagi untuk air bersih untuk kebutuhan minum dan memasak,” katanya. 


Biasanya saat musim kemarau tiba dan sumur-sumur mereka mengering, mereka pun akan membuat sumur dadakan di bantaran sungai. Jika digali, sumur dadakan tersebut masih mengeluarkan air dan masih bisa dimanfaatkan untuk MCK.


Namun dengan menampung air hujan menurut Bisri setidaknya bisa menyelematkan mereka dari krisis air bersih di musim kemarau.


Hal yang sama pun diungkapkan warga lainnya, Mas’ud. Mas’ud bahkan mengaku memiliki beberapa bak penampungan air di dalam rumahnya. Bak-bak tersebut saat ini sudah penuh terisi air  yang ditampung dari hujan yang turun dan saat ini telah ditutup rapat. “Air baru akan digunakan jika musim kemarau tiba,” katanya.


Namun Mas’ud pun mengakui jika air simpanan tersebut tidak akan bisa menyelematkan mereka hingga musim kemarau tiba. Karenanya ia pun berencana akan membuat sumur pantek jika air simpanan habis.


Sementara itu Direktur Umum  PDAM Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu, Endang, saat dikonfirmasi terpisah mengungkapkan jika di musim kemarau mendatang pihaknya telah menyiapkan 5 mobil tangki air keliling. 


Mobil tersebut akan dioperasikan di beberapa daerah yang mengalami krisis air bersih. “Warga pun bisa memanfaatkan layanan mobil tangki air bersih ini,” katanya.

 

Caranya melalui kepala desa (kuwu) atau camat yang mengirimkan surat permintaan air bersih kepada PDAM Tirta Darma Ayu lalu mereka pun akan mengirimkan mobil tangki berisi air bersih ke daerah yang dimaksud.

 



Post Date : 29 Mei 2013