13 Desa Terendam Banjir Kiriman

Sumber:Surya Pos - 31 Januari 2011
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

GRESIK, SURYA- Sebanyak 13 desa di Kecamatan Benjeng, terendam banjir kiriman akibat meluapnya Kali Lamong menyusul hujan sejak Sabtu malam.

Praktis sejak Minggu (30/1) pagi Jalan Raya Benjeng yang menghubungkan wilayah Benjeng dengan Kecamatan Balongpanggang lumpuh total, karena ketinggian air mencapai 80 cm.

Desa yang kebanjiran, antara lain, Desa Munggugianti, Sedapurklagen, Kedungrukem, Deliksumber, Klampok, Bengkelolor, Kalipadang, Lundo, Sirnoboyo, Bulangkulon, Kedungsekar, Bulurejo, dan Karangankidul.

Bupati Gresik Dr Ir H Sambari Halim Radianto ST MSi bersama Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP), sejak pagi berada di lokasi untuk memantau situasi sambil menyerahkan bantuan seperti beras, mi instan, dan air dalam kemasan.

Menurut Edi Kunarto (31), warga setempat, air naik mulai Minggu (30/1) sekitar pukul 03.00 WIB. Akibatnya, jalan raya terendam, sehingga banyak mobil tidak berani melewatinya. Sedangkan motor dibantu warga, agar tidak terperosok. “Kalau sampai dua hari terendam, sekitar 90 persen padi akan rusak,” jelasnya.

Edi menambahkan, tiap tahun Benjeng mengalami banjir, karena Sungai Lamong belum dilebarkan. Ia berharap pemerintah melebarkan sungai secepatnya. “Kalau hanya dibuatkan tanggul, percuma. Sungai Lamong harus dilebarkan,” tegas Edi.

Camat Benjeng Suryo Wibowo melalui humas mengatakan, banjir itu merendam setidaknya 2.904 rumah milik 3.763 KK dengan ketinggian air antara 50–80 cm. Sedangkan areal sawah yang tergenang, sampai Minggu siang mencapai 1.003 hektare.

”Kami belum mencatat total kerugian, karena masih menunggu perkembangan,” ujar Suryo.

Untuk meminimalkan dampak banjir, aparat kecamatan, Polsek, dan Koramil Benjeng bersama warga mengadakan kerja bakti membuat tanggul menuju permukiman.

“Kami berharap di daerah hulu, terutama di wilayah Mojokerto dan Jombang, tidak hujan. Sebab, bila di wilayah tersebut hujan deras, maka airnya mengalir ke Kali Lamong yang akhirnya meluap ke wilayah kami,” ujar Suryo. nsan/st38



Post Date : 31 Januari 2011