13 Desa di NTT Terendam Banjir Sungai Benenain

Sumber:Suara Pembaruan - 20 Maret 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
[KUPANG] Sebanyak 13 desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), terendam banjir Sungai Benenain yang meluap dengan ketinggian rata-rata satu meter. Meski tidak ada korban jiwa, namun sebagian tanaman jagung dan padi milik petani setempat dihanyutkan banjir.

Bupati Belu, Joochim Lopez ketika dihubungi lewat telepon selulernya di Atambua, Selasa (20/3) pagi, mengatakan, banjir meluap menggenangi permukiman di 13 desa tersebut sejak Sabtu (17/3), setelah turun hujan lebat dalam beberapa hari terakhir ini. Meskipun demikian, luapan banjir tersebut belum mencemaskan warga.

Dijelaskan, setelah Camat Malaka Barat, Remigius Asa melaporkan lewat telepon seluler tentang musibah tersebut, pihaknya bersama Wakil Bupati Gregorius Maubili dan beberapa pejabat lain langsung menuju lokasi bencana untuk melihat langsung kondisi masyarakat setempat. Ternyata, masyarakat masih tetap beraktivitas seperti biasa karena genangan banjir dianggap masih aman.

Meskipun demikian, lanjutnya, pihaknya telah menginstruksikan PDAM Belu untuk mendistribusikan air bersih bagi masyarakat dengan menggunakan mobil tangki. Demikian pula, tim kesehatan telah diterjunkan ke lapangan untuk memantau kondisi kesehatan warga. Bantuan beras dapat segera dilakukan bila diperlukan penanganan darurat. [120]



Post Date : 20 Maret 2007