Tangani Masalah Sampah, Pemkot Tangsel Gandeng Kanada

Sumber:poskotanews.com - 10 Mei 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Mengantisipasi penumpukan sampah buangan warga Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) akan bekerjasama dengan pemerintah Nova Scotia, Kanada.

“Yang jelas kami berupaya mencari solusi masalah penangganan sampah yang masih menjadi perosalan serius bagi wilayah kota ini,” kata Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Kamis (8/5).

Untuk itu, tambah dia, pihaknya menjajaki kerjasama dengan pemerintah Kanada setelah beberapa waktu lalu melalui pemerintah pusat melakukan kunjungan kerja ke sana.

Walaupun lokasi Tempat Pembuangan Akhir sampah (TPA) Cipeucang sudah beroperasi tapi masih ada beberapa kendala seperti penangganan di lapangan maupun lahan yang masih kurang. Bahkan bau busuk serta rembesan air tanah akibat sampah itu sempat dikeluhkan masyarakat banyak.

Airin Rachmi Diany mengatakan pengoperasian TPA dilakukan secara sanitary landfill. “Ini dimaksudkan agar masalah sampah 10 tahun ke depan bisa ditangani Pemkot Tangsel,” tuturnya.

Diakuinya, sampai saat ini Pemkot Tangsel belum menemukan solusi yang tepat dalam penangganan sampah yang tentunya akan menjadi salah satu ancaman penumpukan sampah akibat tak terangkut dan ditangani dengan baik di tujuh kecamatan termasuk di lingkungan TPA Cipeucang.

 



Post Date : 10 Mei 2013