100 Rumah Terendam Banjir

Sumber:Suara Merdeka - 20 April 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
KARANGANYAR - Hujan sagat deras lebih dari tiga jam yang turun di Karanganyar dan sekitarnya mengakibatkan banjir. Sekitar 100 rumah di Dusun Buran, Sawahan, dan Bulu terendam air setinggi sekitar setengah sampai satu meter. Selain itu sawah di sekitar dusun itu juga terendam.

''Beruntung panen padi sudah selesai, hanya beberapa pathok yang belum sempat dipanen, sehingga padinya rusak. Mudah-mudahan saja masih bisa dipanen, karena biasanya air juga langsung surut,'' kata Samirun, Ketua RT 01 Perumahan Jongkang, Buran, semalam.

Beberapa warga mengatakan, selama hampir delapan tahun menghuni perumahan itu, baru dua kali terjadi banjir. Yang pertama terjadi tiga tahun lalu, namun tidak sampai setengah meter. Setelah kejadian itu, warga langsung meninggikan rumahnya.

Terparah

Banjir kali ini yang terparah. Warga tidak cepat mengantisipasi, karena menganggap hujan tak akan sampai berjam-jam turun. Ketika hujan mulai turun sekitar pukul 15.00, warga masih banyak yang belum pulang kerja, sehingga yang di rumah kebanyakan ibu-ibu dan anak-anak.

Karena itu tidak ada yang memperhatikan sungai yang mengalir di tengah dusun itu. Sungai itu hulunya dari atas, merupakan anak Kali Samin. Jika diurut, hilir berada di Bengawan Solo. Karena itu jika hujan merata dari atas sampai ke bawah, sungai cepat sekali naik.

''Ketika air mulai masuk ke kampung, baru beberapa warga yang tiba di rumah menyadari banjir datang. Pintu air segera dibuka, tapi sedikit terlambat karena air sudah menggenangi rumah dan sawah. Itu saja tidak ada yang menyangka kalau sampai semeter dalamnya,'' kata Achmad.

Tim SAR dari UNS dan Kesbanglinmas kabupaten Karanganyar segera turun ke lokasi, berjaga-jaga jangan sampai terjadi sesuatu. Sebab biasanya banyak anak yang bermain-main di air, dan tidak menyadari arus yang sangat deras.

Samirun mengatakan, biasanya air akan surut menjelang pagi. Karena itu warga juga bersiap-siap bersih-bersih rumah. ''Paling malam ini kami tidak tidur, karena begitu surut langsung bersih-bersih,'' kata dia.

Warga berharap Pemkab turun tangan membersihkan sungai serta mengeruk permukaan tanahnya agar air makin lancar mengalir. Sebab jika prakiraan cuaca benar, hujan masih akan turun sampai Juni. Malah akhir-akhir ini semakin deras dan lama.(an-41)



Post Date : 20 April 2007