PDAM Suplai 476 Ribu Liter Air di Pandansari

Sumber:malang-post.com - 16 Maret 2014
Kategori:Air Minum
Kebutuhan air bersih yang belum sepenuhnya normal di Desa Pandansari Kecamatan Ngantang, membuat PDAM Kabupaten Malang memberikan bantuan. Total untuk pemenuhan air bersih tersebut, PDAM menyuplai sedikitnya 476 ribu liter air bersih per harinya. Kebutuhan itu untuk satu desa dengan tujuh dusun di kawasan tersebut.

“Hingga memasuki masa tanggap darurat kedua ini, untuk kebutuhan air bersih masih terus disuplai PDAM. Totalnya ada sekitar 17 tangki kendaraan dengan daya tampung sekitar 4 ribu liter yang setiap harinya menyuplai sampai 7 kali pengiriman (17x4000x7),” kata Direktur Teknik PDAM Kabupaten Malang, Sulasmani.

Disinggung mengenai bantuan suplai air bersih, Sulasmani menjelaskan akan terus menyalurkan pemenuhan air bersih hingga kebutuhan warga sudah normal. Salah satunya, pelaksanaan pipanisasi yang dilakukan Kostrad untuk pemenuhan air bersih di tiga dusun masing-masing Munjung, Kutut dan Dusun Pait. Jika pemenuhan di tiga dusun itu mulai terpenuhi, maka suplai pun akan mulai berkurang.

“Kebutuhan terbesar memang di kawasan yang terdampak langsung akibat Kelud. Namun, dengan adanya pipanisasi maka kebutuhan warga akan banyak diatasi. Lebih-lebih, seperti kawasan Kutut dan Pait, selama ini memang memaksimalkan air bersih dari sumber mata air di kawasan sekitar Kelud,” terangnya.

Masih menurut Sulasmani, selama pemenuhan air bersih berlangsung, petugas menyuplai lokasi yang ditampung dengan tandon-tandon mulai sekitar pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Selama itu pula, kendaraan bergantian menjangkau lokasi untuk mengisi tandon-tandon yang sudah ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau warga.

“Di masing-masing titik sudah ada tandon. Jadi, dari tangki yang dibawa langsung masuk ke tandon. Selanjutnya, warga bergantian memanfaatkan air tersebut,” paparnya.
Ditanya mengenai kendaraan yang dimaksimalkan, Sulasmani menjelaskan, tidak hanya dari PDAM Kabupaten Malang. Namun, juga memaksimalkan truk tangki PMI Kabupaten, Kota Batu dan Kota Malang. “Untuk bisa menjangkau lokasi dengan baik, kendaraan tangki dibantu dari sejumlah pihak.” Pungkasnya.


Post Date : 18 Maret 2014